Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI Minta "E-Commerce" yang Terbitkan Uang Elektronik Tingkatkan Keamanan IT

Beberapa e-commerce yang tengah mengajukan izin ini antara lain Tokopedia dan Shopee.

Direktur Program Elektronifikasi dan Inklusi Keuangan BI Pungky Purnomo Wibowo menyebut, sebelum memberikan izin kepada sejumlah e-commerce tersebut, ada beberapa pertimbangan bank sentral.

Salah satu pertimbangan tersebut adalah jaminan sistem teknologi informasi (TI) yang aman.

"Harus berhati-hati, IT security harus terjaga dengan baik," kata Pungky di Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Selain keamanan dari sisi IT, bank sentral juga mensyaratkan adanya tim audit independen. Tim audit tersebut antara lain untuk aspek TI dan finansial.

Apabila sejumlah persyaratan tersebut dapat dipenuhi oleh e-commerce yang bersangkutan, maka bank sentral akan memberikan izin untuk uang elektronik itu. Pungky menuturkan, hal ini dilakukan guna menjamin perlindungan konsumen.

"Perlindungan konsumen utama. BI meng-assess (melakukan asesmen atau pemeriksaan) sesuai peraturan," tutur Pungky.

Fitur uang elektronik yang dihadirkan Tokopedia dikabarkan dihentikan sementara. Pasalnya, layanan tersebut belum memiliki izin dari regulator.

"Untuk sementara TokoCash tidak dapat di-top up, terhitung hari Rabu, tanggal 13 September 2017 pukul 23.59. Namun, seluruh fitur TokoCash (transaksi, cashback, refund, dan redeem Gift Card) akan tetap berfungsi seperti biasa," tulis Tokopedia dalam lamannya.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman menyatakan, sejumlah e-commerce sedang mengajukan perizinan terkait uang elektronik kepada BI. Ketika izin sudah selesai, maka layanan itu dapat digunakan kembali. "Begitu perizinan beres semua kembali normal," ujar Agusman kepada Kompas.com.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/22/171125626/bi-minta-e-commerce-yang-terbitkan-uang-elektronik-tingkatkan-keamanan-it

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke