Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dorong Pariwisata Danau Toba, Pemerintah Daerah Diharapkan Kompak

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah telah memberikan akses transportasi berupa dibukanya layanan penerbangan melalui Bandara Silangit di Tapanuli Utara.

Hal ini dilakukan guna memberikan kemudahan dan kenyamanan wisatawan yang ingin menikmati kawasan Danau Toba.

Kendati demikian, Menhub mengharapkan ada sinergitas yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam hal ini 7 Kabupaten yang mengelilingi kawasan Danau Toba guna mendukung majunya sektor pariwisata di kawasan tersebut.

"Kami harapkan tanggal 28 Oktober 2017 (pembukaan rute internasional) kita kompak semuanya, Bupati 7 Kabupaten kompak semuanya, kalau semua kompak dan masing-masing buat acara saya pikir menarik," ujar Menhub Budi Karya saat peninjauan di Bandara Silangit, Tapanuli Utara, Minggu (24/9/2017).

Menurutnya, masing-masing pemerintah daerah bisa mempromosikan wilayahnya setelah penerbangan rute internasional resmi beroperasi di Bandara Silangit pada 28 Oktober mendatang.

Adapun 7 Kabupaten yang mengelilingi kawasan Danau Toba, diantaranya, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo, dan Kabupaten Samosir.

"Toba itu suatu tempat yang luar biasa, satu tempat yang mungkin Danau paling terbesar di dunia, dan salah satu destinasi yang diutamakan selain ke Lombok dan Yogyakarta," pungkasnya.

Seperti diketahui, pemerintah telah mengembangkan 10 destinasi wisata yang menjadi prioritas, seperti Danau Toba (Sumatera Utara), Belitung (Bangka Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Candi Borobudur (Jateng).

Kemudian, Gunung Bromo (Jatim), Mandalika Lombok (NTB), Pulau Komodo (NTT), Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara).

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/25/063000726/dorong-pariwisata-danau-toba-pemerintah-daerah-diharapkan-kompak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke