Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Imbas Brexit, Peringkat Utang Inggris Diturunkan

Langkah ini diambil terkait kekhawatiran mengenai pembiayaan publik Inggris dan kekhawatiran bahwa keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau Brexit dapat menghancurkan pertumbuhan ekonomi negara itu.

Seperti dilansir dari BBC, Senin (25/9/2017), peringkat utang Inggris diturunkan dari Aa1 menjadi Aa2. Moody's menyatakan, meninggalkan Uni Eropa akan menimbulkan ketidakpastian ekonomi bagi Inggris ketika rencana pengurangan utang negara itu sudah di luar jalur.

Menanggapi penurunan peringkat itu, pemerintah Inggris menyatakan asesmen yang dilakukan Moody's terkait Brexit sudah "ketinggalan jaman." Beberapa lembaga pemeringkat terkemuka sudah mengubah peringkat utang Inggris pada tahun 2016 lalu.

Standard & Poor's menurunkan peringkat utang Inggris sebanyak dua poin dari AAA menjadi AA. Adapun Fitch Ratings menurunkan peringkat Inggris dari AA+ menjadi AA.

Menurut Moody's, pendapatan Inggris kemungkinan tidak bisa mengompensasi belanja yang tinggi. Pemerintah Inggris, kata Moody's, telah menaikkan belanja pada beberapa area tertentu.

Moody's menyatakan, kesepakatan perdagangan bebas apapun yang terjadi di Inggris akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dinegosiasikan. Sehingga, hal ini menimbulkan ketidakpastian bagi bisnis. Moody's mencopot predikat bergengsi Inggris, yakni AAA pada tahun 2013 silam. 

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/09/25/130700826/imbas-brexit-peringkat-utang-inggris-diturunkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke