Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mentan: Pemda, Segera Tanam Kedelai di Wilayah Masing-masing

Untuk mewujudkan hal tersebut, Mentan meminta dukungan pemerintah daerah termasuk jajaran Dinas Penanian Tanaman Pangan Provinsi dan Kabupaten dan Kota

"Segera melakukan tanam kedelai di wilayahnya masing-masing dan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan di bidang kedelai," ujar Amran di Kantor Pusat Kementan, Ragunan, Jakarta, Jumat (6/10/2017).

Demi mengejar target swasembada tersebut, Amran juga meminta pemerintah daerah untuk memaksimalkan semua potensi lahan perluasan area tanam baru kedelai untuk ditanami kedelai pada bulan Oktober sampai dengan November tahun 2017.

"Memastikan kesiapan benih kedelai di masing-masing daerah atau bagi daerah yang tidak tersedia benih segera lakukan komunikasi dan kerja sama dengan penyedia benih di provinsi Iain," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pengawalan dan pengamanan, mulai dari persiapan tanam sampai dengan panen di masing-masing daerah, guna memastikan peningkatan produktivitas.

Menurut dia, penanaman kedelai seluas 500.000 hektar dengan anggaran APBNP 2017 yang dipusatkan di 20 provinsi mulai dari Sumatera seluas 153.000 hektar, Jawa 130.000 hektar, Kalimantan 27.000 hektar, Sulawesi 110.000 hektar dan NTT dan NTB masing masing 40.000 hektar.

Kendati demikian, Mentan tak menyebutkan besaran anggaran yang disiapkan Kementan dalam mengejar target swasembada kedelai pada 2018 mendatang.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/07/094825326/mentan-pemda-segera-tanam-kedelai-di-wilayah-masing-masing

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke