Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Sederhana Mengajari Anak Pengetahuan tentang Keuangan

Anda dapat mencoba untuk menanamkan pelajaran yang tepat tentang pengeluaran, penghematan dan investasi, agar masa depan keuangan anak anda aman.

Dilansir dari Reuters, penulis buku "Make Your Kid a Money Genius", Beth Kobliner memberikan beberapa tips tentang bagaimana cara membekali anak-anak pengetahuan tentang finansial.

1. Mulailah sejak dini

Sejak berusia 3 tahun, anak sudah mulai mengerti mengenai uang. Berikan pelajaran yang sesuai dengan usia mereka. Menggunakan anekdot kepada anak sangat membantu.

Selain itu tunjukkan nomor kepada mereka dengan menggunakan kalkulator online. Selain itu jelaskan ke mereka bahwa dengan menabung sejak dini, ketika dewasa mereka bisa memiliki uang yang banyak.

2. Jangan mengaitkan tugas anak dengan uang

Menyuruh anak kecil tidur siang atau tidur lebih cepat dengan imbalan bahwa mereka akan diberikan uang merupakan pengajaran yang tidak baik.

Berikan pesan yang baik kepada anak Anda mengenai uang tanpa menyangkut pautkan dengan hal yang memang harus dia kerjakan.

3. Jangan memberitahukan mengenai gaji Anda kepada anak

Anak kecil tidak perlu tau berapa banyak gaji yang diterima oleh orangtuanya. Hal ini belum benar-benar dipahami oleh anak kecil.

Selain itu anda juga tidak perlu memberitahukan gaji siapa yang lebih besar antara ibu dan ayahnya.

Hal ini dimaksudkan karena bisa jadi, ketika memberitahukan mengenai gaji Anda kepada anak Anda.

Ketika gaji Anda besar dia akan berpikir bahwa apapun yang dia inginkan dapat anda penuhi, ataupun sebaliknya mereka akan khawatir dan berpikir bahwa kehidupan mereka menyedihkan.

4. Belajar untuk bilang tidak kepada anak

Sejak kecil, Anda harus menanamkan kepada anak Anda mengenai keinginan dan kebutuhan. Anak Anda harus diajarkan sejak awal bahwa tidak semua keinginan mereka dapat dipenuhi dan anda harus mengajarkan mana yang merupakan kebutuhan, dan mana yang merupakan keinginan.

Yang terpenting adalah, Anda harus konsisten dengan cara yang apa yang Anda lakukan untuk memberikan pemahaman kepada anak kecil.

Dengan membicarakan mengenai finansial kepada anak sejak dini dapat membuat mereka berpikir dan dapat mengerti sejak kecil bahwa orangtua mereka bersusah payah untuk mempersiapkan kehidupan mereka kedepannya.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/12/130000026/4-tips-sederhana-mengajari-anak-pengetahuan-tentang-keuangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke