Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Hemat Uang Bulanan Bagi Mahasiswa Perantauan

Bagi mahasiswa rantauan, orangtua biasanya memberikan uang bulanan dan uang itu akan Anda kelola sendiri. Jika jumlahnya tidak besar, Anda harus rajin-rajin berhemat. 

Berikut ini beberapa tips agar Anda bisa mengatur sendiri uang bulanan dari orangtua: 

1. Buat Anggaran

Semasa masih bersekolah,  Anda selalu sesuka hati menghabiskan uang jajan yang diberikan oleh orangtua karena masih tinggal bersama mereka. Uang jajan diberi harian, sehingga Anda tidak harus berpikir besok mau dapat uang darimana.

Namun, ketika menjadi mahasiswa perantauan, Anda harus memikirkan berapa uang yang bisa dihabiskan dalam sehari. Buatlah anggaran sendiri. Tulis berapa pemasukan dan mulailah menghitung kemungkinan pengeluaran selama satu bulan kedepan.

2. Minimalkan Utang

Kurangi keinginan untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan. Kadang, sebagai anak perantauan Anda tergoda untuk jalan-jalan ke pusat perbelanjaan atau ke tempat makan bersama teman-teman.

Ada beberapa teman yang akan menawarkan untuk meminjam uangnya terlebih dulu. Sebaiknya hindari meminjam uang, apalagi dalam jumlah banyak. Karena hal ini akan menjadi kebiasaan yang buruk.

3. Cari Diskon Mahasiswa

Sebagai mahasiswa perantauan, Anda harus jeli dalam mencari informasi mengenai tempat makan, pusat perbelanjaan, dan tempat hiburan lain yang sering menawarkan diskon.

Biasanya, di sekitar kampus banyak tempat-tempat yang menawarkan diskon bagi mahasiswa.

4. Lebih baik meminjam daripada membeli

Sebagai anak rantau, Anda harus belajar bersosialisasi yang baik agar tidak perlu membeli buku. Anda bisa meminjamnya dari teman, senior atau bisa meminjam di perpustakaan. Selain itu, bisa mencari di internet e-book dari buku tersebut.

Yang terpenting adalah Anda harus sadar bahwa saat ini sedang jauh dari orangtua. Pikirkan kemungkinan-kemungkinan atau kebutuhan-kebutuhan mendadak yang harus Anda keluarkan jika terjadi apa-apa.

Jadi rajin-rajinlah menyisihkan uang bulanan agar ketika ada kebutuhan mendadak, Anda tidak perlu merepotkan orangtua dengan meminta uang jajan tambahan.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/13/111020026/tips-hemat-uang-bulanan-bagi-mahasiswa-perantauan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke