Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sektor Ekonomi Kreatif Jadi Potensi Baru Kekuatan Ekonomi Indonesia

“Di masa depan, ekonomi tidak semata-mata bergantung pada sumber daya alam mentah,” ujar Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, di Kantor Staf Presiden, Selasa (17/10/2017).

Triawan Munaf mencatat bahwa ekonomi kreatif berhasil memberikan kontribusi sebesar 7,38 persen dengan total PDB sebesar Rp 852,24 triliun.

“Dari total kontribusi tersebut, sub-sektor kuliner, kriya, dan fashion memberikan kontribusi terbesar pada ekonomi kreatif,” jelas Triawan.

(Baca: Inilah Tiga Sektor Ekonomi Kreatif yang Sedang Naik Daun)

Sub-sektor kuliner tercatat berkontribusi sebesar 41,69 persen, kemudian fashion sebesar 18,15 persen, dan kriya sebesar 15,70 persen.

“Masih ada empat sub-sektor yang juga sangat potensial menjadi kekuatan ekonomi baru seperti film, musik, art, dan game,” tambahnya.

Empat sub-sektor ini terlihat mengalami pertumbuhan yang sangat pesat.

Industri film bertumbuh sekitar 10,28 persen, musik tumbuh 7,26 persen, art/arsitektur 6,62 persen, dan game tumbuh sekitar 6,68 persen.

Namun dalam pengembangan ekonomi kreatif masih ada beberapa hambatan dan kendala.

Salah satunya adalah kendala dari ekosistem bisnis dan investasi.

Triawan juga menambahkan bahwa infrastruktur penunjang kegiatan para pelaku usaha ekonomi kreatif juga menjadi kendala yang harus segera diatasi.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/18/101000526/sektor-ekonomi-kreatif-jadi-potensi-baru-kekuatan-ekonomi-indonesia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke