Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PT Inka akan Bangun Pabrik Kereta di Banyuwangi Senilai Rp 600 Miliar

Hal tersebut dijelaskan Mohamad Nur Shodiq, Direktur keuangan dan SDM PT INKA yang berkunjung ke Banyuwangi akhir pekan lalu.

Menurutnya pembangunan industri tersebut akan dimulai pada Maret 2018, dan akan dijadikan pabrik kereta api berbahan dasar stainless steel dan alumunium. Diperkirakan akan menyerap sekitar 1.000 tenaga kerja.

"“Tidak tertutup kemungkinan nantinya Banyuwangi akan menjadi lokasi utama industri PT INKA. Tapi yang jelas kami akan memiliki dua pabrik besar di Madiun dan Banyuwangi,” jelas Sodiq.

PT INKA saat ini tengah menangani pesanan kereta api yang cukup banyak, antara lain proyek KRL Bandara Soekarno Hatta - Sudirman, LRT di Palembang yang disiapkan untuk SEA Games, LRT Jabodetabek, termasuk juga proyek dari PT KAI untuk mengganti gerbong-gerbong kereta yang usianya sudah tua.

Selain itu PT INKA juga mengerjakan pesanan kereta api dari beberapa negara salah satunya Bangladesh serta mengikuti tender di Zambia, Srilanka dan Nigeria serta memenuhi pesanan kereta dari beberapa negara di ASEAN.

“Sebagai satu satunya pabrik kereta api nasional dengan lokasi pabrik di Madiun, saat ini kapasitas kami sudah overload. Maka, kami mencari lokasi untuk pengembangan perusahaan. Dengan berbagai pertimbangan, lokasi yang akhirnya kami tetapkan Banyuwangi. Untuk itu, kami meminta dukungan dari pemerintah daerah,” kata Sodiq.

Rencana lokasi industri yang akan dibangun di Banyuwangi, kata Sodiq berada di lahan milik BUMN di wilayah Kecamatan Kalipuro karena dekat dengan pelabuhan serta jaringan rel kereta api.

Selain itu, sesuai masterplan Kabupaten Banyuwangi, wilayah tersebut akan dilewati oleh jalan tol.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/24/111743726/pt-inka-akan-bangun-pabrik-kereta-di-banyuwangi-senilai-rp-600-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke