Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trump Desak Saudi Aramco Melantai di Bursa Saham AS

Hal tersebut diungkapkan Trump melalui akun Twitter pribadinya. Menurut Trump, tercatatnya saham Aramco di bursa AS akan sangat penting bagi Negeri Paman Sam tersebut.

"Akan sangat menghargai apabila Arab Saudi melakukan IPO Aramco di New York Stock Exchange (bursa saham New York). Penting bagi AS!" kata Trump seperti dikutip dari BBC, Senin (6/11/2017).

Sebanyak 5 persen saham Aramco akan dilepas ke publik melalui skema IPO pada tahun depan. Diekspektasikan, saham Aramco akan dicatat pada bursa saham domestik dan pada satu bursa saham di luar Arab Saudi.

(Baca: Arab Saudi Ingin Aramco Melantai di Bursa Saham New York)

Bursa saham New York dan London, Inggris disebut-sebut sebagai kandidat kuat. Adapun IPO Aramco diprediksi akan menjadi yang terbesar sepanjang sejarah dunia.

IPO Aramco diekspektasikan bakal memberikan dana segar sebesar 100 miliar dollar AS bagi Kerajaan Arab Saudi. Sementara itu, bila melantai di bursa saham London, maka dana yang diperoleh bisa mencapai 56 miliar poundsterling.

Cuitan Trump pada akun Twitter pribadinya tersebut diunggah pada hari pertama kunjungannya selama 11 hari ke sejumlah negara Asia.

Trump beserta Ibu Negara Melania Trump mengunjungi Jepang, kemudian dilanjutkan dengan lawatan ke Korea Selatan, China, Vietnam, dan Filipina.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/06/125100726/trump-desak-saudi-aramco-melantai-di-bursa-saham-as

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke