Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Qatar Airways Beli Saham Cathay Pacific

Aksi korporasi ini memberikan akses lebih besar bagi Qatar Airways pada pasar penerbangan China yang menguntungkan.

Mengutip BBC, Selasa (7/11/2017), pembelian ini akan menjadikan Qatar Airways pemegang saham terbesar ketiga Cathay Pacific. Pun aksi korporasi ini adalah investasi pertama maskapai Timur Tengah ke maskapai Asia Timur.

China adalah pasar penerbangan dengan pertumbuhan terpesat di dunia dan diprediksi menjadi yang terbesar pada tahun 2022 mendatang.

Bulan lalu, Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) memberikan proyeksi terkait China yang akan menggeser posisi AS sebagai pasar penerbangan terbesar di dunia dalam dua tahun.

Maskapai AS American Airlines dan Delta juga berupaya masuk ke pasar terbesar tersebut. Pada Maret 2017 lalu, American Airlines membeli 3 persen saham China Southern Airlines senilai 200 juta dollar AS.

Adapun Delta membeli 3,6 persen saham China Eastern Airlines senilai 450 juta dollar AS. Aksi korporasi ini dilakukan dua tahun lalu.

Dalam pernyataannya, Cathay Pacific menyatakan Air China dan Swire Pacific akan terus memegang hampir 75 persen saham maskapai asal Hong Kong tersebut.

"Cathay Pacific dihormati di seluruh industri (penerbangan) dengan potensi yang masif di masa depan. Investasi ini akan mendukung strategi investasi Qatar Airways ke depannya," ujar CEO Qatar Airways Akbar Al Baker.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/07/061000726/qatar-airways-beli-saham-cathay-pacific

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke