Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Groundbreaking" Jalur Ganda KA Bogor-Sukabumi Ditargetkan Desember

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebutkan, waktu groundbreaking mundur dari waktu sebelumnya yang direncanakan pada 10 November 2017. Menurut dia, pelaksanaan groundbreaking mundur karena terdapat lahan yang belum ditertibkan. 

"Kita targetkan groundbreaking pertengahan desember. Pembebasan ini butuh waktu, walaupun lahan ini punya PT KAI. Kita ingin selesaikan lahan sampai tuntas," ujar Budi Karya di Stasiun Cicurug, Sukabumi, Selasa (7/11/2017).

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini menuturkan, pembangunan double track Bogor-Sukabumi ini memakan investasi Rp 280 miliar. 

Dananya sebut dia, didapat dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) secara tahun jamak atau multiyears.

Dia menambahkan, hingga saat ini Kemenhub telah melakukan Basic Engineering Design (BED) double track Bogor-Sukabumi.  "Ada section pembangunan yang kritikal yaitu di Cigombong dan Cicurug, di mana kemiringannya itu sangat terjal dan tikungannya terjal. Sehingga mengakibatkan kecepatan menurun dan daya dukung menurun?" tutur dia.

Pihaknya menargetkan pembangunan double track jalur kereta api sepanjang 57 kilometer ini akan selesai pada tahun 2018.   "Kita harapkan dalam satu tahun, sampai 2018 kita selesaikan. Jalur ganda ini akan menambah fungsi aksesbilitas menjadi baik?" ucapnya.

Sekadar informasi, jalur kereta api ini dilewati oleh kereta api perintis dan kereta barang. Untuk kereta api perintis dengan kereta api pangrango dengan operasional 3 kali sehari pulang pergi. 

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/07/163305426/groundbreaking-jalur-ganda-ka-bogor-sukabumi-ditargetkan-desember

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke