Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BCA: Permintaan Kredit Melambat

Sejumlah pihak memandang pertumbuhan kredit perbankan mengalami penurunan. Akan tetapi, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja menyatakan, permintaan kredit tidak mengalami penurunan, namun pertumbuhannya tak setinggi sebelumnya atau melambat.

"Permintaan kredit bukan menurun, tapi peningkatann5a tidak seperti tahun-tahun yang lalu," jelas Jahja di Menara BCA, Jakarta, Senin (13/11/2017).

Jahja menuturkan, hingga saat ini pertumbuhan kredit masih meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun ini, pertumbuhan kredit berkisar antara 8 hingga 9 persen.

Namun demikian, peningkatan pertumbuhan kredit saat ini tidak setinggi sebelumnya. Beberapa tahun yang lalu, pertumbuhan kredit perbankan bisa mencapai 19 sampai 20 persen.

"Dibilangnya turun, tidak turun, tetap naik, cuma naiknya tidak bisa 20 persen (atau) 19 persen," ungkap Jahja.

Hingga kuartal III 2017, penyaluran kredit BCA sebesar Rp 440 triliun. Angka ini mengalami pertumbuhan hingga 13,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 386,2 triliun.

Peningkatan kredit ini didorong segmen korporasi dan konsumer. Kredit korporasi berkontribusi sebesar Rp 161,5 triliun atau tumbuh 21,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2016.

Kredit konsumer tercatat sebesar Rp 128,3 triliun, atau meningkat 20,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/13/143500226/bca--permintaan-kredit-melambat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke