Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jack Ma Tak Lagi Jadi Orang Terkaya di China

Mengutip BBC, Jumat (17/11/2017), peringkat Jack Ma turun satu poin dari kedua menjadi ketiga. Padahal, kekayaan Jack Ma meningkat lebih dari sepertiga menjadi 38,6 miliar dollar AS.

Miliarder teknologi terkaya di Asia, pendiri Tencent Pony Ma atau Ma Huateng, berada di peringkat kedua menggeser Jack Ma. Kekayaan Ma Huateng melesat hampir 60 persen menjadi 39 miliar dollar AS.

Adapun yang berada pada peringkat pertama daftar orang terkaya di China adalah konglomerat real estate Hui Ka Yan atau Xu Jiayin. Ia adalah pimpinan perusahaan real estate Evergrande Group.

Kekayaan Hui meroket lebih dari 400 persen dibandingkan tahun lalu menjadi 42,5 miliar dollar AS. Menurut Forbes, peningkatan besar atas kekayaan Hui disebabkan peningkatan yang sangat signifikan pada harga saham perusahaannya.

Ini membuat kekayaan Hui bertambah lebih dari 32 miliar dollar AS. Meskipun demikian, kekayaan Hui tak lebih dari separuh kekayaan orang paling kaya di dunia, pendiri Microsoft Bill Gates.

Hui juga mengejar 10 orang terkaya di dunia, termasuk pendiri Berkshire Hathaway dan investor kawakan Warren Buffett dan CEO Amazon Jeff Bezos.

Selain dari bisnis properti, Hui juga memperoleh kekayaan dari melihat potensi belanja pelayanan kesehatan di China. Ia mendirikan Evergrande Healthcare.

Hui juga memiliki saham mayoritas pada salah satu klub sepakbola profesional China, Guangzhou Evergrande Taobao Football.

Beberapa miliarder pengembang properti, wirausahawan internet, dan pengusaha manufaktur China mengalami peningkatan kekayaan secara signifikan tahun ini. Sektor bisnis terbesar yang ada dalam daftar orang terkaya di China adalah real estate dan teknologi.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/17/113000626/jack-ma-tak-lagi-jadi-orang-terkaya-di-china

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke