Salin Artikel

Uji Coba Operasional Kereta Bandara Soekarno-Hatta Mundur

Awalnya kereta bandara, akan diuji coba pada November 2017, tetapi akhirnya mundur menjadi awal Desember 2017.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan uji coba operasional kereta bandara mundur karena adanya penyesuaian sinyal dengan operasional kereta rel listrik (KRL).

"Mungkin kami undur sedikit sampai tanggal 1 Desember 2017-2 Desember 2017. Ini kan yang dicek adalah sistemnya terus slotnya, kami cek dengan kereta-kereta yang ada," ujar Budi Karya di Jakarta, Selasa (21/11/2017).

Selain itu, terang dia, mundurnya operasional kereta bandara juga adanya hambatan seperti perlintasan sebidang yang ada di sepanjang jalur kereta bandara.

"Ada beberapa tempat ada pembebanan tertentu, supaya nanti lebih lancar," jelas dia.

Sementara itu, PT Railink sebagai operator Kereta Bandara Soekarno Hatta telah merilis jadwal perjalanan kereta bandara dengan rute Stasiun Sudirman Baru sampai dengan Stasiun Soekarno Hatta.

Direktur Utama Railink, Heru Kuswanto mengatakan, 10 rangkaian kereta bandara telah siap beroperasi dengan kapasitas penumpang hingga 33.000 setiap harinya.

"Kereta bandara ini nantinya akan melayani penumpang di lima stasiun, yaitu Stasiun Manggarai, Sudirman Baru, Duri, Batu Ceper dan Bandara Soekarno-Hatta," kata dia.

Waktu tempuh KA Bandara Soekarno Hatta relatif cepat sekitar 55 menit. Kereta bandara ini juga dilengkapi berbagai fasilitas bagi penumpang.

Satu trainset terdiri dari 6 kereta yang mampu mengangkut 272 penumpang. Interior keretanya didesain seperti di pesawat, penumpang dapat mengatur kemiringan kursi dan sandaran tangan.

Kereta juga dilengkapi dengan pendingin udara (full AC), pengisi daya ponsel (charging port), toilet terpisah antara pria dan wanita.

Selain itu, di tiap kereta juga dilengkapi bagasi khusus untuk menempatkan barang bawaan penumpang serta empat layar TV LED untuk hiburan dan juga memberikan informasi posisi kereta.

Skytrain.Sementara stasiunnya sendiri dilengkapi dengan fasilitas antara lain vending machine, tapping gate, eskalator, gallery ATM, waiting lounge, commercial area, meeting room, toilet, dan mushola. Khusus di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta bahkan dilengkapi dengan konektivitas ke integrated building dan Skytrain.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/21/163529826/uji-coba-operasional-kereta-bandara-soekarno-hatta-mundur

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.