Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada 556 Orang Lulusan Sekolah Pilot yang Masih Menganggur

Untuk itu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menyerap pilot ab-initio yang menganggur tersebut.

Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat, Muzaffar Ismail mengatakan, para pilot ab initio akan ditempatkan sebagai inspektur kelaikan udara yang mana tugasnya memeriksa kelaikan operasional penerbangan. 

 "Pilot ab initio bisa mendaftar sebagai inspektur secara online. Saat ini ada 331 pilot yang mendaftar," ujar Muzaffar di Tangerang, Rabu (22/11/2017). 

Muzaffar menuturkan, sebelum jadi inspektur para pilot ab-initio akan dites kembali oleh Kemenhub. Salah satu tesnya, yakni, tes Bahasa Inggris. 

"Itu tes (Bahasa Inggris) sangat penting. Karena manual prosedur itu Bahasa Inggris. Kalau kita tidak paham Bahasa Inggris tentu sulit," jelas dia. 

Selain itu, lanjut Muzaffar, pilot ab-initio juga akan diberikan pelatihan untuk menjadi inspektur. Menurut dia, Kemenhub telah memiliki silabus tersendiri untuk menjadi inspektur. 

Muzaffar menambahkan, Kemenhub akan menyerap sebanyak 30 orang pilot ab-initio yang dijadikan inspektur dan akan ditempatkan di kantor otoritas bandara seluruh Indonesia. 

"Tentunya training kami berikan, kami punya silabus inspector training sistem. Mudah-mudahan, langkah ini dapat mengurangi pilot ab-initio yang masih menganggur," sebut dia.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/11/22/162911126/ada-556-orang-lulusan-sekolah-pilot-yang-masih-menganggur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke