Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berlian Raksasa Terjual Seharga Rp 87,7 Miliar

Sang pembeli ialah Laurence Graff, pimpinan Graff Diamonds. Pelelangan dilakukan pada awal pekan ini.

Mengutip BBC, Rabu (6/12/2017), 3,8 juta dollar AS atau sekitar Rp 51,3 miliar dari angka penjualan berlian ini akan digunakan untuk mendanai proyek-proyek infrastruktur bagi warga di pedesaan di mana berlian itu ditemukan.

Pemerintah Sierra Leone menolak tawaran senilai 7,8 juta dollar AS atau setara Rp 105,3 miliar pada lelang sebelumnya.

Pemerintah Sierra Leone akan menggunakan uang dari hasil lelang berlian raksasa itu untuk memperbaiki kondisi di wilayah perdesaan Koryardu. Ini termasuk pengenalan pasokan air bersih, listrik, jalan raya, layanan kesehatan, serta pembanguna dan pemeliharaan sekolah.

"Berlian Perdamaian yang dibeli oleb Laurence Graff akan mengubah kehidupan, meski agak mengecewakan bahwa berlian ini tidak dijual dengan harga yang sangat mahal," ujar Tobias Kormind, direktur pelaksana 77diamonds.com.

Berlian Perdamaian disebut sebagai berlian terbesar ke-14 di dunia tang pernah ditemukan. Berlian tersebut ditemukan oleh seorang pastor bernama Emmanuel Momoh dan kemudian diserahkan kepada pemerintah Sierra Leono pada Maret 2017 lalu.

Momoh menyatakan dalam sebuah wawancara bahwa apabila berlian tersebut dijual ke kalangan menengah, maka tidak akan memberikan manfaat kepada masyarakat. Sierra Leone pun masih hidup dalam keterbatasan

"Kami kekurangan banyak hal. Kami tidak punya jaringan jalan yang bagus, atau bahkan air minum," jelas Momoh.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/06/055309926/berlian-raksasa-terjual-seharga-rp-877-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke