Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rhenald Kasali: Disrupsi Akan Semakin Kuat

"Ini masih panjang, kalau disruption masih panjang, tetapi evolusinya akan berlangsung sangat cepat," tambah Rhenald.

Hal tersebut disampaikan Rhenald dalam diskusi buku Disruption: Menghadapi Lawan-Lawan Tak Kelihatan dalam Peradaban Uber Rabu (6/12/17) di Gramedia Matraman, Jakarta Timur.

Lebih lanjut Rhenald mengatakan, saat ini hampir semua industri tengah bertarung menghadapi lawan-lawan baru yang masuk tanpa mengikuti pola yang dikenal masyarakat selama ini.

"Mereka (lawan-lawan baru) langsung masuk ke rumah-rumah konsumen, dari pintu-pintu, secara online, melalui smartphone," ucap dia.

Rhenald menyebut, bagi masyarakat yang merayakan perubahan, disrupsi adalah masa depan. Namun, bagi mereka yang sudah nyaman dengan keadaan sekarang dan takut dengan perubahan, mereka akan berpikir bahwa ini adalah awal kepunahan.

Dia mengatakan, seluruh industri yang bergerak di bidang IT akan mengalami disrupsi. Salah satunya adalah drone operator.

Dalam diskusi tersebut Rhenald juga menyebut bahwa daya beli dan uang generasi milenial belum sebesar generasi di atasnya yang lebih mapan. Namun, generasi milenial mendapatkan barang-barang dan jasa-jasa yang jauh lebih murah melalui jalur non-konvensional. Hal ini karena dunia ekonomi tengah mengalami disrupsi.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/07/051800626/rhenald-kasali--disrupsi-akan-semakin-kuat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke