Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengelola Optimistis Pelabuhan Kuala Tanjung Diresmikan pada Kuartal I 2018

Rencananya, pembangunan tahap I Pelabuhan Kuala Tanjung akan mulai diresmikan pada Maret 2018. Saat ini pekerja masih terus mempercepat pengerjaan pelabuhan tersebut.

Project Manager Terminal Multipurpose Kuala Tanjung Raflys Basa mengungkapkan sejauh ini tidak ada kendala yang berarti dalam menyelesaikan pembangunan pelabuhan tersebut.

"Yang penting cuaca bagus, kami akan bisa mengejar penyelesaian pembangunan pelabuhan ini," ujarnya Jumat (08/12/2017).

Menurut Raflys, jika pembangunan tahap I ini selesai, pelabuhan ini akan bisa disandari kapal kontainer dengan kapasitas sekitar 4.000-5.000 twenty-foot equivalent unit (TEU's). Selain itu, pelabuhan ini juga akan bisa disandari oleh kapal muatan curah komoditas.

Sejauh ini sudah ada perusahaan-perusahaan yang siap menggunakan pelabuhan ini sebagai fasilitas bongkar muat. Beberapa di antaranya adalah perusahaan CPO Wilmar dan PT Indonesia Asahan Aluminum (Inalum).

Perusahaan-perusahaan di SUmatera Utara selama ini menggunakan Pelabuhan Belawan untuk melakukan bongkar muat.

Berdasarkan catatan Kompas.com, pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung membutuhkan dana sebesar Rp 34 triliun. Khusus pada tahap I, pembangunan memerlukan anggaran sebesar Rp 4 triliun.

Pelabuhan ini nantinya dikelola oleh PT Prima Multi Terminal.  Perusahaan tersebut merupakan patungan antara Pelindo 1, PT Pembangunan Perumahan (Persero), dan PT Waskita Karya (Persero) dengan komposisi penyertaan saham Pelindo 1 sebesar 55 persen , PT Pembangunan Perumahan 25 persen, dan PT Waskita Karya sebesar 20 persen.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/09/060000726/pengelola-optimistis-pelabuhan-kuala-tanjung-diresmikan-pada-kuartal-i-2018

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke