Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menko Darmin Minta Pertumbuhan Ekonomi Batam 7 Persen

"Itu target yang harus dicapai pemimpin BP Batam dalam waktu dekat ini," kata Darmin disela peninjauan Mall Pelayanan Publik di Batam Centre, Minggu (10/12/2017).

Menurut Darmin, melihat letak Batam yang strategis berada di jalur lalu lintas perdagangan dunia, angka itu tidak ada apa-apanya. Selama mereka serius dan mau bekerja sama dengan sejumlah instansi terkait yang ada di Kota Batam ini.

"Banyak cara yang bisa dilakukan Kepala BP Batam beserta jajarannya, selain industri dan pariwisata, Batam juga bisa dijadikan pusat logistik," kata Darmin.

"BP Batam bisa melakukannya dengan membagi industri ke dalam beberapa zona, begitu juga membangun gudang logistik dan konsep pariwisata untuk Batam ke depan," tambah dia.

Dibandingkan dengan pariwisata lanjut Darmin, perencanaan Batam menjadi pusat logistik tanah air dan kota industri memang memang membutuhkan waktu yang lama. Namun jika ketiga program ini jalan, maka perekonomian Batam yang ditargetkan harus naik 7 persen, tidak menutup kemungkinan bisa lebih.

"Rasio logistik kita terhadap ekonomi masih tinggi, mencapai 24 persen. Sedangkan rasio logistik di negara lain sekitar 13 persen, tentunya peluang lebih besar dan masih memadai. Begitu juga industri, dengan keuntungan kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Batam, hal ini akan mempermudah peningkatan industri di Batam," katanya.

Sementara untuk sektor pariwisata sebut dia, BP Batam bisa memulai dari sejumlah kawasan resort yang ada dan gencar melakukan event-event nasional dan internasional. "Seperti Barelang Bridge Marathon 2017 ini," ucap Darmin.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/11/090600626/menko-darmin-minta-pertumbuhan-ekonomi-batam-7-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke