Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dirut BEI Sebut Pernyataan Donald Trump Menakutkan

Menurut dia, pernyataan tersebut dapat menimbulkan ketidakpastian politik internasional dan mempengaruhi nilai mata uang rupiah terhadap dollar AS. Dollar AS yang menguat terhadap rupiah, bisa mengganggu stabilitas pasar modal di Indonesia.

"Terus terang itu menakutkan bisa mempengaruhi financial market," ujar Tito di Gedung BEI, Jakarta, Senin (11/12/2017).

Selain mengakui sepihak Yerusalem sebagai ibu kota Israel, berbagai kebijakan Donald Trump juga lebih mengarah kepada proteksionisme ekonomi AS, seperti reformasi perpajakan AS hingga kebijakan-kebijakan bank sentral AS, Federal Reserve (The Fed).

"Saya melihat AS sangat inward looking, dampaknya bisa memperkuat dollar itu yang mengerikan, buat saya ini bisa bikin financial market bergejolak, karena currency bergejolak, kita waspadalah," kata Tito.

Seperti diberitakan, Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada Rabu (6/12/2017) waktu setempat.

Keputusan bersejarah itu disebut berisiko memicu timbulnya kekerasan baru di Timur Tengah.

"Israel adalah negara yang berdaulat dengan hak seperti setiap negara berdaulat lainnta untuk menentukan ibu kotanya sendiri," kata Trump dalam pidatonya di Gedung Putih, seperti dilansir dari AFP.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/11/123951526/dirut-bei-sebut-pernyataan-donald-trump-menakutkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke