Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

XL Ikut Investasi Proyek Kabel Laut Australia-Indonesia-Singapura

Chairman Vocus Group Voughan Bowen mengatakan bahwa keseluruhan proyek tersebut menghabiskan dana sebesar 170 juta dollar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 2,3 triliun.

Dari keseluruhan proyek, investasi XL adalah pembangunan landing station yang berguna untuk menjadi gerbang akses internet melalui kabel tersebut.

"Total investasi keseluruhan sistem komunikasi kabel laut (SKKL) ini 170 juta dollar AS. Saya tidak bisa bilang XL berapa, tapi mereka berkontribusi menyiapkan hal-hal teknis seperti landing station di Indonesia," ujarnya dalam peresmian Pembangunan Proyek Jaringan Komunikasi Kabel Laut Australia-Indonesia-Singapura, Senin (11/12/2017).

SKKL tersebut bakal membentang dari Australia, melewati Indonesia dan berujung di Singapura dengan panjang kabel 4.600 kilometer. Proses pembangunan SKKL itu sudah berjalan dan targetnya bakal mulai beroperasi pada kuartal ketiga 2018.

CEO XL Dian Siswarini mengatakan dengan adanya SKKL ini maka perusahaan akan memiliki tambahan bandwidth untuk akses internet luar negeri. Kapasitas koneksi dari Indonesia ke Singapura bakal bertambah 30 TB sedangkan Indonesia ke Australia bertambah 20 TB.

"SKKL ini mampu menyediakan kapasitas hingga 6 kali lipat dari total kapasitas jaringan internasional Indonesia sekarang. Ini akan jadi jalur alternatif koneksi internasional," jelasnya.

Landing station untuk gerbang akses internasional tersebut rencananya akan diletakkan di kawasan Anyer, Banten. Akses melalui landing station tersebut bisa dipakai untuk XL sendiri atau ISP lain yang bekerja sama dengan XL.

Adapun, keunggulan SKKL ini spesifikasinya yang memiliki 4 Fibre Pairs untuk fleksibilitas koneksi, monitoring 24 jam, 7 hari seminggu (24/7) dan transmisi DC yang menghubungkan antara Australia dan Singapura.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/11/165402926/xl-ikut-investasi-proyek-kabel-laut-australia-indonesia-singapura

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke