Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Puluhan Industri di Babel Beralih ke Layanan Listrik Premium

Hingga Desember 2017, tercatat sebanyak 75 industri di Bangka Belitung yang tersambung dalam layanan pelanggan premium.

Banyaknya pelaku industri beralih menggunakan layanan ini karena alasan keandalan pasokan listrik dan efisiensi biaya.

General Manager PLN Wilayah Bangka Belitung, Susiana Mutia mengatakan, pertumbuhan konsumsi listrik industri di Bangka Belitung saat ini merupakan yang tertinggi.

“Mencapai 40 persen hal ini merupakan yang tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Tren positif ini diharapkan dapat terus meningkat dan PLN siap mendukung melalui dengan memberikan layanan premium," beber Susiana dalam gelaran acara Customer Appreciation 2017 di Parai Resort, Senin (11/12/2017).

Layanan premium ini merupakan layanan pelanggan dengan fasilitas berupa pembangunan jaringan ekspres tegangan menengah daya >200 kVA dan tegangan rendah pelanggan rumah tangga ?1300, bisnis daya 6600 VA- 200 kVA, dan industri > 14 kVA-200 kVA. Layanan ini memiliki pilihan layanan Platinum, Gold, Silver, dan Bronze.

Sementara itu, Kepala Bidang Divisi Keteknikan PT Timah Balai Karya, Ricky Walter Nababan menyatakan manfaat dalam menggunakan layanan premium. “Dari segi biaya kami dapat melakukan efisiensi sebesar 35 persen," ujar Ricky, Senin (11/12/2017).

Berbagai jenis industri yang telah memanfaatkan layanan antara lain pertambangan (smelter timah), perhotelan, perbankan, pabrik, rumah sakit, perkebunan sawit, industri kaolin, perkapalan, perkantoran, dan pengolahan tapioka.

Bukan hanya untuk keperluan industri, bahkan saat ini sudah ada perumahan yang sudah memanfaatkan layanan premium ini.

Sementara itu, pelanggan tidak perlu khawatir dengan kecukupan pasokan listrik yang tersedia. Karena saat ini pasokan listrik di Bangka Belitung sudah cukup.

Tercatat bahwa beban puncak untuk sistem Bangka sebesar 133 MW dengan daya mampu sebesar 167 MW. Sedangkan untuk sistem Belitung daya mampu saat ini sebesar 38 MW dengan beban puncak 66 MW.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/12/092013026/puluhan-industri-di-babel-beralih-ke-layanan-listrik-premium

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke