Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gubernur BI: Bali Aman, Persiapan Pertemuan IMF-World Bank Jalan Terus

Dengan demikian, persiapan penyelenggaraan acara Annual Meeting International Monetary Fund (IMF) dengan World Bank pada Oktober 2018 tidak terganggu.

Hal ini disampaikan Agus saat meninjau Pos Pengamatan Gunungapi Agung di Desa Rendang, Karangasem, Bali pada Jumat (22/12/2017) sore bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan serta Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Kami mendengarkan paparan dari Pemda dan pusat yang memantau aktivitas Gunung Agung. Kami percaya bahwa ini semua terkendali dan ditangani dengan baik," ujarnya.

Menurut Agus, pihaknya sebagai Panitia Nasional Annual Meeting IMF-World Bank 2018 sudah menyiapkan aneka persiapan pertemuan tahunan tersebut dengan baik hingga saat ini.

"Baik itu ketersediaan akomodasinya, teknologi informasinya, sistem komunikasi, transportasi, sistem keamanan, semua telah kami siapkan dengan baik. Jadi kami optimis bahwa Oktober 2018 akan terselenggara sesuai dengan jadwal," lanjutnya.

Lebih lanjut Agus mengatakan, pihaknya masih mewaspadai kondisi Gunung Agung, Namun berdasarkan paparan yang ia dengarkan, jarak zona bahaya hanya radius 8 kilometer hingga 10 kilometer dari Gunung Agung.

Sementara kota-kota penting untuk penyelenggaraan IMF-World Bank yakni Denpasar dan Nusa Dua jaraknya jauh, sekitar 73 kilometer dari Gunung Agung. Sehingga dua kota tersebut juga terbilang aman.

"Koordinasi akan kami lakukan dan juga koordinasi dengan organisasi internasional yang ada di Washington (kantor pusat IMF dan World Bank). Ini perlu agar mereka tahu kondisi Bali betul-betul aman dan tidak ada perubahan jadwal (IMF-World Bank)," pungkasnya.

Seperti diketahui, pemerintah berharap kondisi Gunung Agung kembali normal pada tahun depan. Dengan begitu maka situasi di Bali bisa kondusif, jadwal penerbangan kembali normal, sehingga gelaran pertemuan IMF-World Bank bisa sukses.

Seperti diketahui, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah gelaran IMF-World Bank Annual Meetings pada 8-14 Oktober 2018 mendatang.

Acara itu akan menjadi momen promosi bisnis hingga pariwisata kepada tamu delegasi yang jumlahnya ditaksir lebih dari 17.000 orang.

Mereka adalah para menteri keuangan, gubernur bank sentral, bankir, hingga CEO dari seluruh dunia.

https://ekonomi.kompas.com/read/2017/12/24/153206226/gubernur-bi-bali-aman-persiapan-pertemuan-imf-world-bank-jalan-terus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke