Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Grab Dapat Kucuran Modal dari Hyundai

Selain itu, investasi pada Grab membuka pintu diversifikasi bisnis Hyundai menyusul anjloknya penjualan di China. Namun, tidak disebutkan berapa nilai investasi yang dikucurkan pada Grab.

Mengutip CNBC, Jumat (12/1/2018), Grab telah beroperasi di 8 negara di kawasan Asia Tenggara. Grab pun menyebut diri sebagai operator transportasi berbasis aplikasi terbesar di kawasan tersebut.

Dengan aksi korporasi ini, Hyundai dan Grab akan bersama-sama mengembangkan layanan di Asia Tenggara. Ini termasuk menggunakan model ramah lingkungan yang dimiliki Hyundai, seperti IONIQ Electric.

Selain dari Hyundai, Grab juga telah mengantongi investasi dari sejumlah perusahaan raksasa Asia. Investor Grab antara lain Didi Chuxing, SoftBank, dan Toyota Tsusho.

Adapun Hyundai menyatakan tengah mempertimbangkan untuk membangun pabrik mobil di Asia Tenggara. Negara yang kemungkinan menjadi pilihan adalah Indonesia dan Malaysia.

Minat Hyundai terhadap Asia Tenggara terus tumbuh sejak merenggangnya hubungan diplomatik antara Korsel dengan China pada tahun lalu. Ini menyebabkan Hyundai, yang amat bergantung pada pasar China, terpukul.

Hyundai pun mengumumkan kerja sama untuk pertama kalinya dengan perusahaan rintisan (startup) Silicon Valley, Aurora. Kerja sama ini terkait pengembangan teknologi mobil swakemudi.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/01/12/063000526/grab-dapat-kucuran-modal-dari-hyundai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke