Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pertumbuhan Kredit Tahun 2017 Capai 8,1 Persen

"Pertumbuhan kredit tahun 2017 full year 8,1 persen," kata Deputi Gubernur BI Erwin Rijanto di Kompleks Perkantoran BI di Jakarta, Jumat (12/1/2018).

Meskipun demikian, sebut Erwin, bank sentral mencatat tingginya pembiayaan yang berasal dari pasar modal. Bahkan, jumlah pembiayaan dari pasar modal jauh lebih tinggi dibandingkan dari perbankan.

Sehingga, apabila jumlah pembiayaan seluruhnya disatukan, maka pertumbuhan pembiayaan mencapai 11 persen pada tahun 2017. Namun demikian, Erwin tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai hal ini.

"Kira-kira hampir sekitar 11 persen karena (pertumbuhan) pasar modal kita di atas 35 persen," ucap Erwin.

Ditemui pada kesempatan yang sama, Ketua Dewam Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyebut, masih ada kesempatan pertumbuhan kredit mencapai double digit atau dua angka pada tahun 2017. Meski begitu, ia juga mengakui realisasi pertumbuhan kredit lebih rendah dari target yang dicantumkan dalam Rencana Bisnis Bank (RBB).

"Memang masih missed jika berdasarkan RBB yang sebesar 11,8 persen, tapi masih mendekati dua digit pertumbuhannya," tutur Wimboh.

Ia menyebutkan, pertumbuhan kredit sangat pesat terjadi pada akhir tahun 2017. Ini didorong oleh kredit konsumsi (KK) dan kredit modal kerja (KMK).

Pertumbuhan penyaluran kredit pun digenjot permintaan dari korporasi maupun individu.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/01/12/150750626/pertumbuhan-kredit-tahun-2017-capai-81-persen

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke