Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemerintah Bakal Tambah Jumlah Penerima Bantuan Pangan Nontunai

Sebagai perbandingan, pada tahun 2017 lalu, jumlah keluarga penerima BPNT mencapai 1,2 juta keluarga. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, penambahan ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Presiden memang meninta supaya itu beres dulu (penyaluran BPNT tahap pertama tahun 2017), baru boleh ditambah, tetapi kami tetap membicarakan rencana penambahannya," kata Darmin di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Selasa (16/1/2018).

Darmin menuturkan, penambahan jumlah keluarga penerima bantuan baru bisa terealisir apabila bantuan kepada 1,2 juta keluarga tersebut sudah selesai.

"Artinya keluarga miskin itu sudah dapat rekeningnya, kartunya. Kalau belum beres jangan ditambah dulu," ungkap Darmin.

Ia pun menuturkan, BPNT akan diberikan dalam bentuk uang elektronik berupa kartu. Keluarga penerima manfaat (KPM) bisa memanfaatkan kartu tersebut untuk membeli beras dan kebutuhan pokok lainnya, sesuai jumlah uang yang diberikan di dalam kartu.

Pembelian dapat dilakukan di warung-warung yang memiliki mesin pembaca kartu. Darmin mengungkapkan, jumlah warung yang dapat membaca kartu pun bakal ditambah.

Uang BPNT akan ditransfer oleh pemerintah setiap tanggal 25 per bulan. Pemerintah pun akan memastikan seluruh KPM telah memiliki rekening.

Darmin menyatakan, hingga akhir tahun, ditargetkan ada 10 juta masyarakat yang akan menerima BPNT hingga akhir tahun 2018. Penambahan jumlah keluarga penerima bakal selalu dilakukan.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/01/16/170500226/pemerintah-bakal-tambah-jumlah-penerima-bantuan-pangan-nontunai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke