Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemangkasan Pajak AS, Kabar Baik untuk Ekonomi Dunia

Angka tersebut meningkat dibandingkan proyeksi IMF sebelumnya pada Oktober 2017 silam.

IMF menyatakan, pemangkasan pajak AS yang disetujui Desember 2017 lalu berperan terhadap setidaknya separuh angka peningkatan terhadap pertumbuhan ekonomi dunia.

"Revisi (angka pertumbuhan ekonomi) merefleksikan peningkatan momentum pertumbuhan ekonomi global dan dampak perubahan kebijakan pajak AS," tulis IMF dalam laporannya.

IMF memproyeksikan pertumbuhan ekonomi AS akan mencapai 2,7 persen pada tahun 2018, lebih tinggi dibandingkan pada proyeksi sebelumnya, yakni 2,3 persen. Namun demikian, pertumbuhan ekonomi AS diprediksi bakal melambat ke 2,5 persen pada 2019.

Meskipun demikian, angka tersebut masih lebih kencang dibandingkan proyeksi IMF sebelumnya, yakni 1,9 persen. Sejumlah mitra dagang AS pun diyakini bakal diuntungkan dari dampak kebijakan pajak di Negeri Paman Sam, seperti Kanada dan Meksiko.

Walau begitu, IMF juga memperingatkan bahwa dampak positif pemangkasan pajak AS, termasuk di dalamnya adalah pemangkasan pajak korporasi, perlahan bakal meredup. Berakhirnya provisi pajak dan besarnya defisit fiskal yang disebabkan pemangkasan pajak akan menekan pertumbuhan ekonomi ke bawah, mulai tahun 2022.

IMF menyatakan, optimisme pertumbuhan ekonomi AS pada tahun ini didorong pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat di Eropa dan Asia. IMF memproyeksikan pertumbuhan ekonomi kawasan Eropa mencapai 2,2 persen pada tahun ini dan 2 persen pada 2019, naik dibandingkan estimasi sebelumnya, yakni 1,9 dan 1,7 persen.

Adapun pertumbuhan ekonomi China diprediksi mencapai 6,6 persen tahun ini. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi India diproyeksikan mencapai 7,4 persen.

"Ini adalah kabar yang sangat baik, namun para pemimpin politik harus ingat bahwa pertumbuhan merefleksikan serangkaian kondisi yang tidak berlangsung lama," ujar Maurice Obstfeld, konselor ekonomi IMF.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/01/23/111854526/pemangkasan-pajak-as-kabar-baik-untuk-ekonomi-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke