Salin Artikel

Asian Agri Investasi 120 Juta Dollar AS Bangun 20 PLTBg

Proyek ini sudah dimulai sejak 2015 dan sudah terbangun enam PLTBg di wilayah Sumatera hingga 2017.  Pembangunannya sepenuhnya menggunakan dana perusahaan. 

Di 2018, Asian Agri menargetkan menyelesaikan 10 PLTBg di setiap pabrik pengolahan minyak sawit mentah (CPO). Pendanaan pembangunan masih sepenuhnya dari dana perusahaan. 

Mengawali 2018, PLTBg ketujuh dibangun di pabrik PT Inti Indosawit Subur di Tungkal Ulu, Jambi. Peresmian PLTBg ini dilakukan oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Gubernur Jambi Zumi Zola pada Rabu (24/1/2018).

Head of Mill Asian Agri, James Sembiring mengatakan, total biaya pembangunan atau investasi satu PLTBg sebesar 6 juta dollar AS atau sekitar Rp 80 miliar.

Dengan demikian berdasarkan hitungan kasar Kompas.com, total biaya membangun 20 PLTBg tersebut mencapai 120 juta dollar AS atau sekitar Rp 1.600 miliar. 

"Investasi sebanyak Rp 80 miliar rupiah tersebut paling banyak untuk instalasi biogas. Satu PLTBg terdiri dari instalasi dan engine (mesin)," kata James.

Dia mengatakan, nilai investasi juga mencakup sinkronisasi jaringan listrik ke PT PLN dengan titik transaksi sekitar 2 kilometer.

"Dari kapasitas terpasang 2,2 mega watt kami hanya pakai separuhnya. Sekitar 1,5 mega watt akan kami alirkan ke masyarakat melalui PLN," kata James yang enggan membeberkan skema kerja sama antara Asian Agri dengan PLN.

Ajang Pembuktian

Head if Operation Asian Agri Bukit Sanjaya sebelumnya dalam pidato sambutan peresmian PLTBg Tungkal Ulu Jambi ini mengatakan bahwa pembangunan PLTBg ini merupakan ajang pembuktian perusahaan menuju industri sawit berkelanjutan kepada banyak pihak.

Menurut dia, praktik berkelanjutan sendiri merupakan bagian tidak terpisahkan dari Asian Agri dala. Operasionalnya.

Sebab, sawit saat ini jadi primadona dan komoditas unggulan Indonesia. Namun industri sawit selalu terkena isu negatif sebagai penyebab pemanasan global dan deforestasi.

"Itu karena minimnya pengolahan limbah kelapa sawit. Untuk berkelanjutan Asian Agri mengolah limbah cairnya jadi energi listrik," kata dia.

Program zero waste management ini dilakukan sejak 2015.

"PLTBg Tungkal Ulu merupakan yang kedua kami bangun di Jambi. Sehingga kami sudah membangun 7 PLTBg di Sumatera," lanjut dia.

Bukit Sanjaya berharap program yang dilakukan Asian Agri jni jadi percontohan penerapan energi baru dan terbarukan (EBT) mandiri bagi pemerintah dan perusahaan lain.

Dengan demikian target bauran energi sebesar 23 persen sesuai agenda Ketahanan Energi Nasional (KEN) juga bisa tercapai melaui kontribusi ini.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/01/24/152731226/asian-agri-investasi-120-juta-dollar-as-bangun-20-pltbg

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.