Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Minyak Naik, Laba Shell Melonjak Dua Kali Lipat

Mengutip CNBC, Kamis (1/2/2018), laba bersih Shell tercatat sebesar 4,3 miliar dollar AS pada kuartal IV 2017. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 1,8 miliar dollar AS.

Capaian tersebut pun lebih tinggi dibandingkan konsensus proyeksi analis sebesar 4,24 miliar dollar AS. CEO Shell Ben van Beurden menyatakan, Shell telah berhasil membukukan kinerja keuangan yang kuat setelah melewati tahun transformasi.

"Fokus kami pada nilai, performa, dan daya saing membuktikan kami bisa memberikan arus kas sebesar 39 miliar dollar AS dari operasional kami, termasuk pergerakan modal kerja," jelas van Beurden.

Adapun laba bersih Shell sepanjang tahun 2017 tercatat sebesar 15,8 miliar dollar AS. Capaian ini melonjak 119 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Kinerja keuangan Shell yang solid tersebut sejalan dengan lonjakan harga minyak dunia yang telah meningkat 50 persen sejak tahun lalu. Pada awal Januari 2018, acuan harga minyak internasional Brent bahkan menyentuh rekor sebesar 70 dollar AS per barrel.

Ada pula tanda-tanda keseimbangan kembali di pasar minyak. Ini khususnya terjadi karena Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sejumlah negara produsen utama dunia lainnya sepakat memangkas produksi.

Pada akhir tahun lalu pun, Shell menyatakan reformasi perpajakan AS akan memberikan dampak yang signifikan terhadap operasional bisnis perseroan. Perubahan aturan pajak AS yang dicanangkan Presiden Donald Trump diproyeksikan memberikan efek yang berarti terhadap kinerja keuangan Shell pada kuartal IV 2017.

Dalam kebijakan perpajakan, Trump memangkas tingkat pajak korporasi dari 35 persen menjadi 21 persen.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/01/174848826/harga-minyak-naik-laba-shell-melonjak-dua-kali-lipat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke