Salin Artikel

Di Hadapan CEO Blibli, Mendag Minta Utamakan Jual Produk Dalam Negeri

Enggar menyebut juga dalam waktu dekat pihaknya akan mengajak marketplace besar dalam jejaring e-commerce untuk membicarakan tentang prioritas penjualan barang-barang dalam negeri dalam rangka mengimbangi barang-barang impor.

"Kami akan wajibkan marketplace besar jual (produk dalam negeri). Kalau enggak begitu, impor kita secara langsung dan tidak langsung akan meningkat," kata Enggar di hadapan Kusumo dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2018 hari terakhir di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (2/2/2018).

Enggar menjelaskan, berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo saat membuka raker Kemendag beberapa hari lalu, pihaknya diminta agar nilai ekspor lebih ditingkatkan. Salah satu caranya adalah dengan memperbanyak masuknya barang dalam negeri ke platform marketplace besar.

Selama ini, Enggar menilai marketplace besar di Indonesia justru lebih banyak memperdagangkan barang-barang impor ketimbang produk dalam negeri.

Terlebih, sangat sulit mengontrol masuknya barang-barang impor tersebut karena dikirim satuan atau dalam jumlah kecil yang intensitas pengirimannya tinggi.

Selain itu, Enggar juga meminta agar marketplace seperti Blibli.com bisa membatasi masuknya barang impor yang mereka jual. Pembatasan didasarkan pada ketentuan barang dari luar negeri yang wajib memenuhi standar tertentu untuk bisa beredar di dalam negeri.

"Bapak, tolong beri tahu barang yang masuk harus sesuai ketentuan. Ini untuk menciptakan level of playing fields yang sama," tutur Enggar.

Menanggapi permintaan itu, Kusumo berjanji akan mendukung langkah pemerintah. Dia turut meminta supaya ketentuan dari pemerintah ini nantinya diberlakukan untuk seluruh pemain yang sama dengan marketplace yang telah disebutkan sebelumnya.

Enggar berencana mengundang semua pelaku e-commerce, khususnya marketplace, untuk membicarakan tentang porsi bagi produk dalam negeri pada Maret 2018 mendatang. Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) juga akan diajak untuk mendiskusikan hal tersebut.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/02/133334426/di-hadapan-ceo-blibli-mendag-minta-utamakan-jual-produk-dalam-negeri

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.