Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Startup Lokal Harus Memenangkan Persaingan Inovasi

Dia mengatakan, saat ini adalah era persaingan inovasi yang perlu dikembangkan generasi muda, salah satunya melalui startup, atau perusahaan rintisan di bidang teknologi informasi. 

Menurut dia, startup menjadi sangat penting mendorong anak muda untuk berinovasi.

"Negara yang akan menang bukan negara yang jumlah penduduk besar, bukan karena negara besarnya tapi negara yang akan menang adalah negara yang punya inovasi," kata M Nasir saat menjadi pembicara di acara National Startup Summit 2018 di ICE, Serpong, Selasa (6/2/2018).

Nasir mengatakan, pengembangan startup saat ini yang perlu diperhatikan adalah dari mulai tingkat pendidikan yang berkesinambungan hingga ke industri atau pasar sebenarnya.

"Menjadi sangat penting ke depannya bagaimana pendidikan, riset dan startup menjadi satu dan industri pengguna jadi satu juga. Ini harus kita rangkai, kalau inovasi makin banyak maka semua akan menjadi pemenang," kata Nasir.

Dirinya meyakini, jika startup di Indonesia dapat berkembang dan naik kelas, maka akan memberikan efek ganda ekonomi yang besar, mulai dari ketersediaan lapangan pekerjaan, hingga daya saing sebuah negara.

"Kita akan mendapatkan satu lompatan ekonomi secara kuantum dan mendapatkan satu value yang sangat tinggi sekali," jelasnya.

Dia mencontohkan, saat ini ada beberapa startup lokal yang sudah menjadi perbincangan internasional, yakni Gojek Indonesia, Traveloka, Tokopedia dan Bukalapak.

Menurut Nasir, beberapa startup yang telah masuk kedalam kategori startup unicorn tersebut mampu bersaing secara global karena berorientasi kepada kebutuhan konsumen yang dimulai dari inovasi.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/06/140000626/startup-lokal-harus-memenangkan-persaingan-inovasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke