Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gaji PNS akan Dipotong Zakat, Susi Balas Twitter Fadli Zon, 5 Berita Populer Ekonomi

Pasalnya, penghimpunan keuangan sosial syariah di Indonesia masih belum belum optimal meskipun ada potensi yang cukup besar.

Wacana pemotongan gaji PNS untuk dana zakat pun meluas. Berbagai pihak kemudian memberikan tanggapan secara berbeda. Terakhir, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan jika potongan dana zakat pada PNS hanyalah wacana semata.

Selain soal dana zakat, pembaca kanal ekonomi Kompas.com juga mencermati pernyataan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon di Twitter-nya soal pencapaian Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang fokus pada sanksi untuk illegal fishing berupa penenggelaman kapal.

Pendapatnya itu disampaikan melalui akun Twitter Fadli, @fadlizon pada Rabu (7/2/2018).

Berikut lima berita populer di kanal ekonomi Kompas.com pada Rabu (7/2/2018) yang bisa Anda baca kembali pagi ini.

1. Gaji PNS Mau Dipotong untuk Zakat, Apa Tanggapan Sri Mulyani?

Adanya wacana pemotongan gaji Pegawai Negeri Sipil ( PNS) sebesar 2,5 persen untuk zakat tengah menjadi pembahasan pemerintah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, saat ini pihaknya telah mendapatkan laporan terkait wacana dari Kementerian Agama (Kemenag) yang ingin memotong gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) sebesar 2,5 persen untuk zakat.

Sri Mulyani mengatakan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) bisa menjadi lembaga yang menghimpun dana zakat yang berasal dari gaji PNS.

2. Fadli Zon Sebut Penenggelaman Kapal Bukan Ukuran Keberhasilan, Ini Komentar Susi

Konteks Fadli berkomentar di Twitter-nya dilakukan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-10 Partai Gerindra. Dari belasan cuitan yang diunggah ke linimassa, sebagian besar berisi tentang pandangan Fadli selaku kader Partai Gerindra terhadap kinerja pemerintah selama ini.

Cuitan Fadli yang meragukan keberhasilan KKP melalui sanksi penenggelaman kapal menuai reaksi dari warganet. Bahkan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sendiri membalas cuitan Fadli.

"Ukuran keberhasilan yg telah anda lakukan apa Pak Fadli yth??? Mohon pencerahan," kata Susi melalui akun Twitter miliknya @susipudjiastuti.

3. Dalam Sehari, Harga Bitcoin Anjlok Lalu Menguat Lagi

Harga mata uang virtual bitcoin berhasil kembali menguat hingga 2.000 dollar AS ke kisaran level 7.000 dollar AS. Padahal, beberapa jam sebelumnya, bitcoin sempat anjlok hingga menyentuh kisaran level 5.900 dollar AS.

Mengutip Coindesk, Rabu (7/2/2018), harga bitcoin sempat kembali ke level 7.900 per dollar AS atau setara sekitar Rp 105 juta. Sementara, 12 jam sebelumnya, bitcoin sempat anjlok ke 5.947 dollar AS atau sekitar Rp 79 juta.

4. Mendag: Mata Uang Digital Tidak Bisa Kita Diamkan

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita memastikan penggunaan mata uang digital seperti bitcoin tidak diperbolehkan sebagai alat pembayaran. Menurut dia, harusnya mata uang sebagai alat pembayaran itu mempunyai wujud seperti mata uang umumnya.

"Pasti tidak untuk alat pembayaran. Wujudnya juga tidak tahu," kata Enggartiasto di Kantor Kementerian Perdagangan, Rabu (7/2/2018).

Politisi Partai Nasdem ini menuturkan, potensi tranksasi mata uang digital bisa mencapai Rp 1 triliun per hari.

5. Bank Mandiri Cetak Laba Bersih Rp 20,6 Triliun

Bank Mandiri mengumumkan telah berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 20,6 triliun atau tumbuh 49,5 persen secara year on year (yoy) pada akhir 2017 lalu.

Pertumbuhan tersebut antara lain ditopang oleh pemangkasan biaya pencadangan, yakni dari Rp 24,6 triliun pada 2016 menjadi Rp 16 triliun pada 2017.

Laba2017 itu naik antara lain karena pencadanganya turun drastis (dibandingkan 2016)," ujar Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, dalam paparan di Plaza Mandiri, Selasa (6/2/2018).

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/08/070000126/gaji-pns-akan-dipotong-zakat-susi-balas-twitter-fadli-zon-5-berita-populer

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke