Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pertama Kali, Forbes Rilis Daftar Miliarder Mata Uang Virtual

Seperti diwartakan Forbes, Kamis (8/2/2018), ada sekira 19 orang yang masuk dalam daftar miliarder mata uang virtual. Berikut ini adalah rincian 10 besarnya.

1. Chris Larsen (57 tahun)

Larsen memiliki nilai mata uang virtual sekitar 7,5 miliar-8 miliar dollar AS. Ia adalah salah satu pendiri Ripple, perusahaan penyedia layanan pembayaran internasional dengan teknologi blockchain. Ia sendiri memiliki 5,2 miliar XRP, token yang diluncurkan Ripple.

2. Joseph Lubin (53 tahun)

Lubin, salah satu pendiri Ethereum dan mantan eksekutif Goldman Sachs, memiliki nilai mata uang virtual antara 1 miliar-5 miliar dollar AS. Ia juga mendirikan Consensys, perusahaan yang membantu perusahaan dalam meluncurkan token dan mata uang virtual.

3. Changpeng Zhao (41 tahun)

Zhao, CEO perusahaan penukaran mata uang virtual terbesar di dunia Binance, memiliki nilai mata uang virtual sekitar 1 miliar-2 miliar dollar AS. Untuk menghindari aturan yang menghambat bisnisnya, Zhao memindahkan operasional Binance ke tiga negara.

Saudara kembar ini adalah pendiri Winklevoss Capital dan memiliki nilai mata uang virtual sekitar 900 juta-1,1 miliar dollar AS. Mereka membeli bitcoin pada tahun 2012, kala itu belum banyak yang mengenal mata uang virtual tersebut.

5. Matthew Mellon (54 tahun)

Mellon, seorang investor, memiliki nilai mata uang virtual sekitar 900 juta-1 miliar dollar AS. Ia adalah investor awal XRP, token yang diluncurkan oleh Ripple yang fokus pada penciptaan teknologi blockchain bagi bank-bank besar.

6. Brian Armstrong (35 tahun)

Armstrong adalah CEO Coinbase, pusat penukaran mata uang virtual terbesar di AS. Ia memiliki nilai mata uang virtual antara 900 juta-1 miliar dollar AS.

7. Matthew Roszak (45 tahun)

Roszak mengenal bitcoin pada tahun 2001 silam dan ikut berpartisipasi dalam penerbitan koin perdana alias initial coin offerings (ICO). Kekayaan mata uang virtualnya mencapai kisaran 900 juta-1 miliar dollar AS.

8. Anthoni Di Lorio (43 tahun)

Di Iorio merupakan pendiri Ethereum dan hingga saat ini masih berinvestasi di beragam jenis mata uang virtual. Kekayaan mata uang virtualnya berkisar antara 750 juta- 1 miliar dollar AS.

9. Brock Pierce (37 tahun)

Pierce adalah salah satu pionir mata uang virtual, yang mendanai banyak perusahaan terkait kripto, seperti Mastercoin, Coinbase, dan Ethereum. Kekayaan mata uang virtualnya berkisar 700 juta-1 miliar dollar AS.

10. Michael Novogratz (53 tahun)

Ia adlaah mantan miliarder dan hedge fund manager terkemuka. Ia mulai berinvestasi di mata uang virtual pada tahun 2013 dan kekayaannya saat ini mencapai kisaran 700 juta-1 miliar dollar AS.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/08/121612826/pertama-kali-forbes-rilis-daftar-miliarder-mata-uang-virtual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke