Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BI: Defisit Neraca Perdagangan Karena Peningkatan Produksi dan Investasi

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Agusman menuturkan, bank sentral memandang defisit neraca perdagangan tak lepas dari peningkatan kegiatan produksi dan investasi. Ini sejalan dengan membaiknya prospek perekonomian domestik dan pengaruh kenaikan harga impor.

"Ke depan, kinerja neraca perdagangan diperkirakan membaik, seiring berlanjutnya pemulihan ekonomi dunia dan harga komoditas global tetap tinggi," ujar Agusman dalam keterangan resmi, Jumat (16/2/2018).

Perkembangan tersebut, imbuh Agusman, akan mendukung perbaikan prospek pertumbuhan ekonomi dan kinerja transaksi berjalan.

Surplus neraca perdagangan nonmigas pada Januari 2018 tercatat 0,18 miliar dollar AS, lebih rendah dibandingkan surplus bulan sebelumnya yang mencapai 0,83 miliar dollar AS.

Lebih rendahnya surplus neraca perdagangan nonmigas tersebut dipengaruhi peningkatan impor nonmigas sebesar 0,46 miliar dollar AS secara bulanan (mtm) yang disertai penurunan ekspor nonmigas sebesar 0,19 miliar dollar AS (mtm).

Peningkatan impor nonmigas terutama bersumber dari kenaikan impor mesin dan pesawat listrik, plastik dan barang dari plastik, kendaraan dan bagiannya, bahan kimia organik, serta senjata dan amunisi.

Sementara itu, penurunan ekspor nonmigas terutama disebabkan turunnya ekspor lemak dan minyak hewan atau nabati, besi dan baja, timah, bijih, kerak, dan abu logam, serta nikel.

Adapun defisit neraca perdagangan migas menurun seiring penurunan impor yang lebih besar dibandingkan penurunan ekspor. Defisit neraca perdagangan migas turun dari 1,05 miliar dollar AS pada Desember 2017 menjadi 0,86 miliar dollar AS pada Januari 2018.

"Perkembangan tersebut terutama dipengaruhi turunnya impor migas sebesar 0,42 miliar dollar AS (mtm) yang terjadi baik pada impor minyak mentah, hasil minyak, maupun gas. Sementara itu pada periode yang sama, ekspor migas juga tercatat turun sebesar 0,22 miliar dollar AS (mtm)," ujar Agusman.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/16/133729526/bi-defisit-neraca-perdagangan-karena-peningkatan-produksi-dan-investasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke