Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bursa Syariah Bisa Gaet Investor dari Timur Tengah

Bursa syariah merupakan usulan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang kini tengah digarap bersama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Dengan bursa syariah, mereka bisa punya alternatif, investor dari timur tengah, untuk berinvestasi di kita melalui bursa kita," kata Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani saat ditemui usai acara di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (19/2/2018).

Rosan menjelaskan, ketika bursa syariah nanti berjalan, diharapkan dapat menyumbang kenaikan tingkat investasi yang sejalan dengan tujuan pemerintah.

Ditambah, bursa syariah di Indonesia diprediksi akan berkembang pesat karena sejumlah faktor pendukung, salah satunya jumlah penduduk muslim yang signifikan.

Adapun untuk mekanisme bursa syariah, khususnya dalam hal pelaksanaan kegiatan perdagangan saham, akan diatur oleh BEI.

Peran Kadin Indonesia nantinya lebih kepada mengajak para pengusaha untuk bergabung di bursa syariah melalui jaringannya di seluruh Indonesia.

"Saat ini kami masih tahap sosialisasi kepada para pengusaha. Insya Allah akhir tahun ini sudah bisa terbentuk," tutur Rosan.

Dia menargetkan, untuk tahap awal, tidak perlu anggota bursa syariah berasal dari perusahaan yang belum listing di bursa, melainkan bisa dari anggota bursa yang sudah ada saat ini.

Total anggota yang diperkirakan bergabung sebagai anggota atau investor di bursa syariah ditetapkan sebanyak 100 perusahaan.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/19/163000526/bursa-syariah-bisa-gaet-investor-dari-timur-tengah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke