Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengguna Internet di Indonesia Didominasi Masyarakat Menengah ke Bawah

Angka tersebut merupakan hasil dari Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia Tahun 2017. Survei dilakukan terhadap 2.500 responden dari seluruh wilayah di Tanah Air.

Survei tersebut menguraikan pula profil pengguna internet di Indonesia berdasarkan kelas ekonomi. Sekretaris Jenderal APJII Henri Kasyfi Soemartono menjelaskan, sebagian besar pengguna internet di Indonesia adalah level ekonomi C, yakni strata ekonomi sosial menengah bagian bawah.

"74,62 persen pengguna internet di Indonesia adalah dari level ekonomi C," ujar Henri dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (19/2/2018).

Sementara itu, 16,02 persen pengguna internet adalah dari level ekonomi B, yakni strata ekonomi sosial menengah bagian atas. Kemudian sebanyak 7,39 persen pengguna internet berasal dari level ekonomi D atau strata ekonomi sosial bawah.

Adapun 1,98 persen pengguna internet adalah berasal dari level ekonomi A atau strata ekonomi sosial atas. APJII juga memaparkan bahwa penetrasi pengguna internet pada level ekonomi A mencapai 93,10 persen.

Sementara itu, penetrasi pengguna internet pada level ekonomi B dan C masing-masing mencapai 82,95 persen dan 58,55 persen. Penetrasi pengguna internet pada level ekonomi D mencapai 21,72 persen.

Berdasarkan kepemilikan perangkat, separuh atau 50,08 persen pengguna internet di Indonesia memiliki ponsel pintar (smartphone) atau tablet. Adapun yang memiliki komputer atau laptop mencapai 25,72 persen.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/19/170000226/pengguna-internet-di-indonesia-didominasi-masyarakat-menengah-ke-bawah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke