Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lagarde: Pikirkan tentang Indonesia Pintar...

Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde menyatakan, survei terbaru IMF menemukan bahwa ketika manfaat pertumbuhan ekonomi dapat dibagi lebih luas, maka pertumbuhan akan lebih kuat, tahan, dan resilien.

"Sebagian besar negara-negara ASEAN berada pada posisi yang relatif kuat, karena mereka telah menggunakan kebijakan-kebijakan yang spesifik untuk membantu menurunkan ketimpangan pendapatan dalam tiga dekade terakhir," ungkap Lagarde dalam Konferensi Tingkat Tinggi Bertajuk "New Growth Models in a Changing Global Landscape" di Jakarta, Selasa (27/2/2018).

Lagarde memberi contoh Thailand yang telah memperkenalkan jaring kesehatan semesta pada tahun 2001. Sementara itu, Filipina memperkenalkan bantuan tunai bersyarat pada 2008 dan Indonesia memberikan bantuan kepada kelompok masyarakat berpenghasilan rendah melalui penggunaan uang elektronik berbentuk kartu.

Menurut Lagarde, semua negara anggota ASEAN dapat mempertahankan pencapaian ini guna memastikan bahwa generasi berikutnya dapat terjamin masa depannya. Oleh karena itu, mengelola transisi demografi juga menjadi hal yang penting.

"Negara-negara dengan populasi muda yang terus bertumbuh seperti Indonesia dan Malaysia bisa memanfaatkan kesempatan ini, yakni dalam memanfaatkan bonus demografi dengan menciptakan lebih banyak lapangan kerja yang berkualitas," sebut Lagarde.

Pada saat yang sama, negara-negara seperti Thailand dan Vietnam bisa mulai mengambil langkah untuk memitigasi dampak populasi menua yang bergerak cepat. Caranya dengan memanfaatkan teknologi untuk mendorong produktivitas tenaga kerja.

Oleh karena itu, pada dasarnya IMF mendorong adanya prioritas dalam berinvestasi pada pembangunan manusia. Di sebagian besar negara ASEAN, ada ruang untuk meningkatkan belanja dalam sektor pendidikan.

"Pikirkan tentang Indonesia Pintar, program yang akan membantu lebih dari 20 juta anak untuk mengenyam pendidikan," tutur Lagarde.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/27/134000126/lagarde--pikirkan-tentang-indonesia-pintar-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke