Salin Artikel

Apa yang Buat Paspor Jepang dan Singapura Paling Diterima di Seluruh Dunia?

Menurut Henley Passport Index yang dikeluarkan lembaga pemeringkat internasional di bidang travel, Henley & Partners, faktor pendorong hal tersebut di antaranya keamanan negara hingga kondisi perekonomian.

"Kedua negara itu dinilai memiliki kekuatan ekonomi yang baik dan warganya kebanyakan fokus pada bisnis serta peningkatan aktivitas investasi," kata Dr Parag Khanna, peneliti senior asal National University of Singapore yang fokus pada kajian mengenai Asia dan globalisasi.

Pernyataan itu disampaikan melalui keterangan tertulis Henley & Partners kepada Kompas.com pada Kamis (1/3/2018).

Khanna menjelaskan, Jepang sejak lama dikenal sebagai negara yang maju dan merupakan salah satu yang terbesar dalam perekonomian global.

Menurut dia, hal itu tidak lepas dari peranan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang menerapkan konsep pengelolaan ekonomi negaranya, belakangan dikenal dengan istilah "Abenomics".

Sementara Khanna melihat Singapura sebagai negara yang menjadi gerbang investasi di kawasan Asia Tenggara. Bahkan, semakin ke sini, Singapura dianggap memiliki peranan penting untuk kawasan Asia secara keseluruhan.

Managing Partner of Henley & Partners Singapore and Head of Southeast Asia, Dominic Volek, mengungkapkan Jepang dan Singapura menempati peringkat pertama dalam Henley Passport Index secara global.

Negara Lain

Ada beberapa negara lain di Asia yang dilihat berpotensi menjadi seperti Singapura dan Jepang, yaitu Malaysia serta Korea Selatan.

"Korea Selatan sudah mulai menyalip Australia dan Selandia Baru, di mana masing-masing negara tersebut menunjukkan kekuatan ekonominya dan kegiatan perekonomian lintas negara, seperti Malaysia yang merambah ke Asia sampai Afrika," tutur Volek.

Dia memperkirakan, dalam beberapa tahun ke depan, pemilik paspor asal negara-negara di Asia akan semakin punya akses bebas visa ke banyak negara, seiring dengan stabilnya pemerintahan dan perekonomian mereka.

Hal itu dapat dicapai jika negara di Asia semakin gencar melakukan ekspansi bisnis yang didukung dengan kebijakan pemerintah.

Negara yang dimaksud termasuk Indonesia, di mana paspor Indonesia kini menempati peringkat ke-69 secara global dan memiliki akses bebas visa ke 70 negara.

Volek menyebut, progress Indonesia dalam Henley Passport Index sangat baik dan termasuk negara yang paling cepat naik peringkat di Asia Tenggara, yang pada Januari 2018 masih menduduki peringkat ke-72.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/01/141500026/apa-yang-buat-paspor-jepang-dan-singapura-paling-diterima-di-seluruh-dunia-

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.