Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenhub: Ancol Siap Sediakan Tempat Istirahat Sopir Bus

Pihak Kementerian Perhubungan sudah menindaklanjuti hal tersebut. Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub kemudian berkoordinasi dengan sejumlah pengelola tempat wisata untuk menyediakan fasilitas khusus bagi sopir bus yang ingin beristirahat.

"Saya sudah minta, di Ancol sudah siap akan melakukan studi. Mudah-mudahan Ancol yang pertama kali bangun, karena masyarakat yang pakai bus ke Ancol banyak sekali," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi saat ditemui Kompas.com di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu (4/3/2018).

Budi menjelaskan, selama ini sebagian besar sopir bus wisata sering kelelahan saat bekerja mengantar penumpang ke destinasi wisata, khususnya di akhir pekan.

Dia mencontohkan, bila ada rombongan yang hendak liburan di Ancol dari Cirebon, maka sopir paling tidak sudah harus siap pukul 04.00 WIB dengan perkiraan tiba di Ancol pukul 11.00 WIB.

Setelah sampai, sopir pun hanya istirahat di tempat seadanya, dan kadang bukan tempat yang layak untuk istirahat, seperti di bagasi bus atau pelataran parkir. Sehingga, Budi mengimbau agar pengelola tempat wisata paling tidak menyediakan tempat agar sopir bus bisa tidur dengan nyaman.

"Saya sudah koordinasi dengan PHRI (Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia), Kementerian Pariwisata, juga ada beberapa pengelola lokasi wisata yang besar di Jakarta dan mereka semuanya menyambut baik ini," tutur Budi.

Dia mengakui untuk hal ini memang belum diwajibkan karena ketiadaan regulasi yang mengatur hal tersebut.

Namun, pihaknya telah mengajak serta mendorong pengelola tempat wisata untuk aktif mengadakan tempat istirahat khusus sopir, terlebih itu juga demi keselamatan para penumpang yang jadi pengunjung di sana.

Kompas.com telah menghubungi Corporate Communication Ancol Taman Impian Rika Lestari untuk menanyakan hal tersebut. Rika membenarkan bahwa ada rencana tersebut dan saat ini sedang dalam proses pembahasan lebih lanjut.

"Terkait imbauan tersebut sedang dilakukan pembahasan dan perencanaannya," kata Rika melalui pesan singkat.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/04/190302126/kemenhub-ancol-siap-sediakan-tempat-istirahat-sopir-bus

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke