Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kampung Logam, Upaya Warga Keluar dari Kemiskinan

Pendiri Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Zen Silver, Ershad, mengatakan, usaha kerajinan logam di desanya muncul 5 tahun terakhir dan usahanya kian meningkat.

Hasil kerajinan logam yang dipasok dari limbah elektronik juga digemari pasar domestik dan mancangera.

"Kampung silver ini mau didatangi oleh menteri perindustrian Pak Airlangga. Kami ingin desa ini menjadi sentra kerajinan logam terbesar di Indonesia," ujarnya, saat ditemui di rumahnya, Minggu (18/3/2018).

Tiap bulan, warga desa di bawah UKM Zen Silver menghasilkan setidaknya 10.000 keping perhiasan, baik berupa kalung, bros, logo, hingga perhiasan sejenis.  "Omzet kami tergantung pesanan, kadang Rp 100 juta-Rp 300 juta. Harga perhiasan dari Rp 80.000 sampai Rp 3 juta," sebutnya.

Entaskan kemiskinan

Ershad melanjutkan, melalui sentra UMKM di ternyata mampu menciptakan lapangan kerja di tingkat desa. Setidaknya 50 tenaga lokal ikut membantu mengembangkan usahanya.

Mereka mendapat pemasukan tiap hari dari kerja membuat kerajinan logam. Selain di Zen Silver, warga lain juga membentuk sentra-sentra UMKM sejenis berbahan limbah elektronik yang memanfaatkan sumber dari koperasi desa. "Semua logam kami dipasarkan ke Jakarta. Dari Jakarta lalu ke luar negeri," tambahnya.

Menurut Ershad, produk dari logam tak lekang oleh waktu. Logam baik perhiasan digunakan dalam adat keseharian.  "Logam itu kan pasti butuh. Papan nama semua juga dari logam. Perhiasan adat pasti pakai," ucapnya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Demak, Zuarin, juga ikut memuji hasil produk kerajinan di desa itu. Pihaknya bertekad membantu agar kawasan itu menjadi desa sentra kerajinan logam di Demak.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/18/140519326/kampung-logam-upaya-warga-keluar-dari-kemiskinan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke