Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Susi Siapkan Papua Barat untuk Ekspor Produk Perikanan dan Kelautan

"Ekspor ikan dari hasil tangkapan nelayan tradisional tersebut akan mulai berjalan dalam waktu satu atau dua bulan ke depan," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (19/3/2018).

Susi menjelaskan, dia sebelumnya sudah berbicara dengan Pelindo IV untuk teknis pelaksanaan ekspor ikan dari Papua Barat. Salah satu hal yang disiapkan adalah penyediaan cold storage terapung supaya ikan dari nelayan tradisional yang baru dibeli bisa langsung dimasukkan ke sana.

Selain itu, Susi juga berjanji untuk memberi bantuan bagi nelayan tradisional berupa alat tangkap ikan yang ramah lingkungan. Dia kembali mengingatkan agar jangan ada lagi nelayan tradisional yang melaut menggunakan alat tangkap tidak ramah lingkungan, dalam rangka menjaga kelestarian biota laut.

"Alat (tangkap) tersebut tidak hanya akan melestarikan lingkungan dan biota laut, namun bisa meningkatkan hasil tangkapan serta mensejahterakan para nelayan, khususnya di Papua Barat," tutur Susi.

Pihaknya juga akan terus menggencarkan larangan kapal asing beroperasi, terlebih kawasan timur Indonesia banyak yang berbatasan dengan wilayah perairan negara lain. Dengan upaya tersebut, terumbu karang di laut Papua juga diharapkan tetap terjaga.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/19/123800326/susi-siapkan-papua-barat-untuk-ekspor-produk-perikanan-dan-kelautan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke