Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dody Budi Waluyo Paparkan 7 Strategi Perkuat Ekonomi

Dody mengusung visi memperkuat peran strategis BI dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan dan inklusif ini mengungkapkan, dari tujuh strategi kebijakan yang dipaparkan, dua kebijakan merupakan pemantapan stabilitas dan lima kebijakan merupakan transformasi momentum. 

Kebijakan pemantapan stabilitas yakni pencapaian inflasi dan stabilitas niliai tukar. Dody menjelaskan, jika dirinya terpilih menjadi Deputi Gubernur BI, ia akan memperkuat koordinasi dalam menjaga laju inflasi terutama dari sisi pasokan, terkait dengan kebutuhan pangan. 

"Impor bahan pangan bukan suatu yang harus ditakutkan, terutama kalau pasokan domestik tidak mencukupi. Sedangkan untuk rupiah, kami akan melalukan koordinasi pada nilai tukar rupiah," kata Dody di Gedung DPR, Selasa (27/3/2018).

Dody menuturkan, untuk transformasi momentum, pihaknya bakal memperkuat sektor UMKM, penguatan investasi domestik, pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, peningkatan efektivitas kebijakan makroprudensial, dan pemanfaatan ekonomi digital. 

"Kami akan membentuk kebijakan bagi dana residen yang di luar negeri agar berpindah ke domestik," sebut Dody.

Selain itu, Dody menyebutkan ada empat misi yang diusung, yaitu memantapkan stabilitas nilai rupiah, menjaga stabilitas sistem keuangan, meningkatkan peran sistem pembayaran, serta memperkuat sinergi kebijakan.

"Sinergi untuk menguatkan antara kestabilan perekonomian juga snagat diperlukan," ucap dia.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/27/124000326/dody-budi-waluyo-paparkan-7-strategi-perkuat-ekonomi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke