Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Teknologi 5G Akan Mengubah Banyak Hal, dari Musik hingga Medis

Hal lain apa yang bisa dilakukan dengan teknologi 5G ini?

Perusahaan teknologi Ericsson bekerja sama dengan para peneliti dari King's College London untuk mengembangkan aplikasi masa depan bagi teknologi 5G. Mereka mencari hal baru, mulai dari musik hingga pengobatan.

Tim ini fokus pada pengunaan teknologi untuk mentransfer kemampuan fisik melalui jaringan, dan menciptakan apa yang disebut sebagai "internet of skills".

Salah satu contohnya, seorang dokter bedah dengan peralatan VR dan sarung tangan khusus bisa mengoperasi pasien yang jauh jaraknya dengan menggunakan robot yang terkoneksi.

Pembedahan semacam ini bisa berhasil dengan syarat tidak ada jeda dalam penghantaran teknologi 5G ini. Dengan demikian, dokter beda bisa mendapatkan feedback secara cepat melalui sarung tangannya.

"Dengan 5G dan arsitektur berjejaring yang kami bangun, kami berharap menurunkan delay penghantaran 5G," kata Mischa Dohler, ahli komunikasi nirkabel dari King's College, seperti dikutip dari CNN Money.

Dohler juga mendigitalisasikan kemampuannya bermain piano sebagai sarana untuknya mengajar secara jarak jauh dengan menggunakan instrumen khusus. Sarung tangan khusus misalnya, bisa digunakan untuk merekam gerakan tangan Dohler saat memainkan piano. Data akan disimpan dalam basis data kemampuan.

"Jika data tersebut diunduh maka pada saat yang sama pengunduh akan mendapatkan rangsangan untuk menggerakkan jari sesuai posisi nada yang telah disimpan. jadi pengunduh bisa belajar musik kapan saja dan di mana saja," lanjut Dohler.

Namun dia mengakui, masih butuh satu dekade lagi agar Internet of Skills bisa benar-benar berfungsi dalam kehidupan manusia.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/03/27/190000626/teknologi-5g-akan-mengubah-banyak-hal-dari-musik-hingga-medis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke