Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bankir: Bank Tidak Akan Tergilas "Fintech"

Banyak pihak memandang kehadiran fintech bisa saja membuat bank terlibas. Bagaimana tidak, dengan teknologi dan inovasi, fintech menawarkan layanan keuangan yang lebih mudah, cepat, dan efisien.

Meskipun demikian, kalangan bankir menilai perbankan tidak akan terlibas oleh fintech. Syaratnya, kedua pihak harus melakukan kolaborasi.

Direktur Keuangan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Anggoro Eko Cahyo menuturkan, peran bank tidak akan digantikan oleh fintech. Dalam hal ini, setiap transaksi tentu harus melibatkan perbankan.

"Ke depan, bank tetap punya role (peran) penting untuk transaksi, menciptakan model bisnis dengan berbagai industri," kata Anggoro yang juga Ketua Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dalam sebuah seminar bertema ekonomi digital di Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Meskipun demikian, untuk peran yang sifatnya menjangkau konsumer akhir (end user), termasuk penciptaan inovasi aplikasi dan layanan yang dapat melibatkan pengalaman (experience) unik bagi konsumen, hal ini bisa menjadi peran fintech. Dengan demikian, dalam fase ini, bank bisa berkolaborasi dengan fintech.

"Bank akan tetap ada, karena transaksi harus dipastikan secure (aman). Fintech yang fokus create experience (menciptakan pengalaman). Bank punya sistem yang terjamin uang, data nasabah tersimpan dengan baik," sebut Anggoro.

Anggoro memandang, sifat fintech sama dengan perusahaan-perusahaan teknologi lainnya, yakni selalu menciptakan ide dan inovasi yang baru dan segar. Dalam hal inovasi di bidang keuangan dan sistem pembayaran, fintech hadir dengan menawarkan kecepatan proses, sehingga membuat nasabah atau konsumen merasa nyaman.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/04/191000226/bankir-bank-tidak-akan-tergilas-fintech

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke