Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berita Populer: Cerita Go-Jek Bertahan di Indonesia, Gudang Garam Bangun Bandara Kediri

Di satu sisi, membuka lapangan kerja baru dan mendorong perekonomian seperti UKM, namun di sisi lain ada aturan regulasi yang harus dibenahi.

Selama hadir dan berkembang di sejumlah kota di Indonesia, Go-Jek disebut berkontribusi sebesar Rp 9,9 triliun per tahun kepada perekonomian Indonesia.

Hal ini berdasarkan riset terbaru yang dilakukan oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI).

Rinciannya adalah, sebesar Rp 8,2 triliun per tahun disumbang oleh Go-Jek terhadap perekonomian Indonesia melalui penghasilan mitra pengemudi.

Adapun sebesar Rp 1,7 triliun per tahun disumbang melalui penghasilan mitra UMKM.

Diperkirakan terdapat tambahan Rp 682,6 miliar per bulan yang masuk ke ekonomi nasional semenjak mitra pengemudi bergabung dengan Go-Jek.

Ternyata, sang pendiri Go-Jek yakni Nadiem Makarim, memiliki cerita tersendiri dalam membangun bisnisnya. Menurut dia, Go-Jek tidak akan bisa berkembang jika bukan di Indonesia.

Selain cerita bisnis Go-Jek, cerita mengenai produsen rokok ternama, Gudang Garam, akan menggelontorkan triliunan rupiah untuk membangun bandara sendiri juga jadi sorotan pembaca kanal ekonomi Kompas.com.

Berikut lima berita populer di kanal ekonomi Kompas.com pada Kamis (5/4/2018) untuk kembali Anda baca pada pagi ini:

1. Nadiem: Go-Jek Tak Akan Bisa Bertahan Jika Bukan di Indonesia

CEO PT Go-Jek Indonesia Nadiem Anwar Makarim menyebut pencapaian Go-Jek saat ini tidak lepas dari peran Pemerintah Indonesia yang membuka ruang bagi inovasi dari perusahaan teknologi seperti mereka. Bahkan, Nadiem mengandaikan jika Go-Jek didirikan di luar negeri, kemungkinan hanya bisa bertahan untuk waktu yang singkat.

"Go-Jek tak akan bisa bertahan jika bukan di Indonesia," kata Nadiem saat jadi pembicara dalam The Economist Indonesia Summit 2018 di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat, Kamis (5/4/2018).

2. Gudang Garam Gelontorkan Rp 5 Triliun untuk Bangun Bandara Kediri

Pemerintah mulai mendampingi rencana pembangunan Bandar Udara Kediri oleh PT Gudang Garam Tbk (GGRM).

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi bilang, pembangunan bandara tersebut akan dimulai tahun ini. Ia bilang PT Gudang Garam, Tbk akan berinvestasi senilai Rp 5 triliun untuk pembangunan Bandara Kediri.

3. Sudah 83 Juta Nomor Ponsel Prabayar yang Diblokir

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemblokiran terhadap kartu telepon prabayar yang belum teregistrasi untuk tahap kedua. Hingga Kamis (5/4/2018) ini sudah 83 juta nomor ponsel prabayar yang diblokir lantaran belum melakukan registrasi ulang.

4. Sengaja Pindah ke Kursi Premium, Penumpang AirAsia Sebabkan Keributan

Adu argumen terjadi di sebuah penerbangan maskapai berbiaya rendah AirAsia. Penyebabnya adalah seorang penumpang wanita sengaja memindahkan dirinya ke kursi premium.

Kejadian ini terlihat pada sebuah video berdurasi 22 detik yang viral di media sosial, diunggah oleh seseorang bernama Bruce Lam. Dalam video tersebut terlihat adu mulut yang terjadi antara sang penumpang wanita dengan penumpang lain, yakni seorang pria.

5. RUPST BCA Setujui Vera Eve Lim Jadi Direktur

PT Bank Central Asia Tbk ( BCA) dalam rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) dan rapat umum pemegang saham luar biasa ( RUPSLB) menyetujui tujuh agenda RUPST dan satu agenda RUPSLB.

Sekretaris Perusahaan BCA, Jan Hendra menyatakan, salah satu agenda yang disetujui adalah pengangkatan Vera Eve Lim sebagai direktur perseroan.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/06/083544726/berita-populer-cerita-go-jek-bertahan-di-indonesia-gudang-garam-bangun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke