Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KKP Gandeng Garuda Indonesia Kembangkan Sistem Logistik Ikan Nasional

Melalui kerja sama tersebut, Garuda Indonesia akan membantu program Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) di pulau terkecil dan terluar Indonesia.

"Kami perlu mengembangkan sektor kelautan dan perikanan dengan dukungan jasa logistik agar produk perikanan Indonesia bisa dipasarkan secara efisien, cepat, dan dengan resiko rendah," kata Sekretaris Jenderal KKP Rifky Effendi Hardijanto melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Jumat (6/4/2018).

Penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Garuda dilaksanakan pada Kamis (5/4/2018) kemarin.

Nantinya, Garuda akan bersinergi dengan sejumlah BUMN yang bergerak di sektor kelautan dan perikanan, seperti PT Perinus dan Perum Perindo, untuk melaksanakan sistem logistik perikanan nasional.

Garuda disebut Rifky akan berperan secara spesifik sebagai travel management di titik-titik SKPT dengan memanfaatkan jalur penerbangan yang sudah mereka miliki. Salah satunya Bandara Ngurah Rai di Bali yang akan dijadikan hub produk perikanan ke pasar domestik hingga internasional.

"Bandara Ngurah Rai yang adalah bandara tersibuk kedua di Indonesia berada di posisi sentral sehingga berpotensi dijadikan sebagai titik storage produk kelautan sebelum diekspor," tutur Rifky.

Secara terpisah, Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala Nugraha Mansury mengungkapkan pihaknya sudah mengangkut 38.300 ton produk kelautan dan perikanan sepanjang 2017, setara dengan 13 persen dari total revenue yang diterima perusahaan.

Dari jumlah tersebut, paling besar adalah pengangkutan produk perikanan internasional atau ekspor ke luar negeri.

"Garuda Indonesia saat ini punya 120 rute domestik dan 38 rute internasional. Kami akan dorong betul-betul agar bisa bermanfaat meningkatkan revenue melalui kargo, warehousing, dan fasilitas lainnya di Denpasar sebagai hub utama kami," ujar Pahala.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/06/112354326/kkp-gandeng-garuda-indonesia-kembangkan-sistem-logistik-ikan-nasional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke