Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pertamina Klaim Sudah Bersihkan Tumpahan Minyak di Perairan Balikpapan

Tumpahan minyak tersebut disebabkan oleh putusnya pipa bawah laut dan membuatnya bergeser hingga 120 meter dari lokasi awal.

Direktur Pengolahan Pertamina Taharso mengungkapkan, penyebab putusnya pipa hingga menimbulkan kebocoran minyak masih terus diselidiki. Investigasi juga dilakukan oleh pihak kepolisian.

Meskipun demikian, Taharso menyatakan Pertamina sudah melakukan pembersihan terhadap tumpahan minyak tersebut. Saat ini, imbuh dia, situasi di perairan Balikpapan yang terdampak tumpahan minyak pun telah kondusif.

"Kami tanggap darurat, kami bersihkan. Sudah bersih, Alhamdulillah," ujar Taharso di Gedung DPR MPR RI, Selasa (10/4/2018).

Taharso menyatakan, pembersihan dilakukan terhadap satu teluk yang terdampak tumpahan minyak tersebut. Pembersihan pun dilakukan oleh Oil Spill Combat Team yang hingga saat ini masih berada di lokasi.

"Pembersihan relatif sudah bersih. Pertamina membersihkan satu teluk," ujar Taharso.

Tumpahan minyak berasal dari kebocoran karena patahnya pipa penyalur minyak mentah dari Terminal Lawe-lawe di Penajam Paser Utara ke Kilang Balikpapan. Peristiwa tersebut diketahui terjadi pada Sabtu (31/3/2018) lalu.

Kerusakan pada pipa mengakibatkan aliran minyak ke kilang Balikpapan terganggu. Sebab, Pertamina langsung menutup penyaluran minyak mentah dari pipa tersebut. Untuk mengatasi permasalahan itu, Pertamina menggantungkan pada pipa cadangan dan kapal tanker.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/10/173700526/pertamina-klaim-sudah-bersihkan-tumpahan-minyak-di-perairan-balikpapan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke