Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

ADB Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI 5,3 Persen Tahun Ini

Proyeksi tersebut dikemukakan ADB dalam laporan bertajuk Asian Development Outlook (ADO) 2018 yang dirilis hari ini, Rabu (11/4/2018). ADB pun menyatakan pengelolaan ekonomi Indonesia yang baik mendorong investasi.

“Manajemen makroekonomi Indonesia yang kuat dan reformasi struktural telah mendorong momentum investasi,” kata Winfried Wicklein, Kepala Perwakilan ADB untuk Indonesia dalam pernyataannya.

Wicklein menuturkan, dengan berlanjutnya upaya reformasi, Indonesia dapat mencapai pertumbuhan yang lebih tinggi dan lebih inklusif.

Dalam laporannya, ADB juga menyatakan, penguatan investasi telah meningkatkan mutu pertumbuhan, dengan pengeluaran modal yang lebih tinggi dari pemerintah membantu mengatasi kesenjangan infrastruktur.

"Laju investasi diperkirakan akan terus meningkat, didorong oleh sentimen bisnis yang positif dari reformasi struktural, bersama dengan percepatan sejumlah proyek strategis nasional," jelas Wicklein.

Pada tahun 2017, perekonomian Indonesia tumbuh 5,1 persen, didorong naiknya pertumbuhan ekspor, menguatnya investasi, dan konsumsi rumah tangga, yang didukung oleh inflasi yang rendah dan pertumbuhan lapangan kerja yang solid, termasuk kontribusi sekitar 1,5 juta pekerjaan baru dari sektor manufaktur.

Inflasi mencapai rata-rata 3,8 persen pada 2017. Inflasi pun diperkirakan akan stabil tahun ini, sebelum sedikit naik ke 4 persen pada 2019.

"Hal ini akan mendukung kepercayaan konsumen dan membantu mempertahankan pengeluaran rumah tangga dan pendapatan riil pada tahun ini dan tahun depan," tutur Wicklein.

Menguatnya perdagangan global dan harga komoditas internasional yang lebih tinggi pada tahun 2017 membantu mengurangi defisit transaksi berjalan ke 1,7 persen dari produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Untuk tahun 2018, pertumbuhan ekspor diperkirakan akan melambat, adapun impor masih tetap kuat, ditopang oleh permintaan barang modal.

"Oleh karenanya, defisit transaksi berjalan diperkirakan akan sedikit meningkat pada 2018 dan 2019," tulis ADB dalam laporannya.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/11/135816026/adb-prediksi-pertumbuhan-ekonomi-ri-53-persen-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke