Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

BPS: Selama 8 Tahun, Pembangunan Manusia di Papua Masih Rendah

"Sejak 2010 hingga 2017, masih terdapat satu provinsi yang berstatus pembangunan manusia rendah, yaitu Provinsi Papua," kata Kepala BPS Suhariyanto melalui konferensi pers di kantornya, Senin (16/4/2018).

Suhariyanto merinci, dari total 34 provinsi terdapat 18 provinsi dengan status pembangunan manusia sedang, 14 provinsi dengan status pembangunan manusia tinggi, satu provinsi dengan status pembangunan manusia sangat tinggi, dan satu provinsi berstatus rendah yakni Papua.

Dalam hal perubahan status pada 2017, ada tiga provinsi yang meningkat dari status sedang jadi tinggi, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Sementara provinsi yang naik dari status pembangunan manusia tinggi jadi sangat tinggi, adalah DKI Jakarta.

"Untuk pertama kalinya di Indonesia terdapat satu provinsi yang berhasil mencatat pembangunan manusia sangat tinggi," tutur Suhariyanto.

Meski masih dalam status pembangunan manusia yang rendah, Papua termasuk satu dari tiga provinsi dengan kemajuan pembangunan manusia paling cepat untuk periode 2016 hingga 2017, yakni sebesar 1,79 persen. Dua provinsi lain yang dimaksud adalah Papua Barat (1,25 persen), dan Nusa Tenggara Barat (1,17 persen).

"Kemajuan pembangunan manusia di Papua dan Papua Barat didorong oleh dimensi standar hidup layak, sementara di Nusa Tenggara Barat lebih dikarenakan perbaikan dimensi pendidikan dan standar hidup layak," ujar Suhariyanto.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/16/143300326/bps--selama-8-tahun-pembangunan-manusia-di-papua-masih-rendah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke