Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips Menjadi "Freelancer" Berkualitas

Tahukah Anda jika setiap pekerjaan itu penting dan saling berhubungan dengan pekerjaan lainnya? Hal ini bisa dikatakan mirip dengan simbiosis mutualisme di mana antara satu pekerjaan dan pekerjaan yang lain saling memengaruhi.

Ada berbagai macam jenis pekerjaan. Bahkan, pekerjaan juga bisa dibagi menjadi banyak kategori berdasarkan waktu, seperti full time, part time atau freelance. Ulasan berikut ini akan membahas tentang menjadi seorang freelancer berkualitas.

Dikutip dari Cermati.com, berikut ini tips-tipsnya.

1.Motivasi Diri Sendiri

Freelancer bukanlah suatu pekerjaan yang bisa diremehkan atau bahkan dianggap tidak penting. Jika Anda bekerja sebagai freelancer, ada baiknya belajar untuk memotivasi diri sendiri agar bisa memberikan hasil pekerjaan yang berkualitas.

Jangan menganggap kalau pekerjaan Anda hanyalah sebagai sampingan atau bisa dinomorduakan. Jika Anda sudah memilih bekerja sebagai freelancer, ada baiknya berkomitmen dengan hal tersebut.

Gunakan waktu Anda sebaik mungkin dan pastikan kedisiplinan melekat dalam diri atau karakter Anda saat bekerja.

2.Pilih Bidang yang Disukai dan Dikuasai untuk Mengambil Proyek Freelance

Menjadi seorang freelancer bukanlah hal yang mudah. Sebab kita harus menyesuaikan dengan minat dan penguasaan. Jangan menganggap pekerjaan tersebut remeh dan bisa ditunda.

Untuk mengantisipasi penunandaan pekerjaan tersebut, kita sebaiknya bekerja sesuai dengan passion yang dimiliki.

Ada banyak sekali hal yang bisa dijadikan sebagai pekerjaan lepas, misalnya content writer, fashion designer, fotografer, dan masih banyak lagi jenis pekerjaan freelance lainnya yang bisa dipilih.

3.Mengatur Waktu

Time is Money itulah istilah yang sering dikeluarkan kebanyakan pebisnis atau klien. Pastikan jika Anda bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat.

Misalnya, dengan bekerja menjadi freelancer dan pastikan jika Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh.  

Setelah mengerjakan pekerjaan utama, Anda bisa mengisi waktu luang dengan mengerjakan pekerjaan sampingan tersebut. Dengan begitu, tentu akan ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda peroleh seperti uang tambahan atau kemampuan mengatur waktu.

4.Jalin Relasi secara Baik dengan Klien

Cara terbaik untuk bisa bekerja secara nyaman dan tenang adalah dengan cara menjalin relasi yang baik dengan klien. Baiknya relasi akan membuat Anda semakin lancar juga dalam menjalankan sebuah tugas dari klien.

Ciptakan relasi yang komunikatif dengan klien dan pastikan jika Anda menunjukan attitude yang baik. Pastikan jika Anda menggunakan bahasa yang baik dan benar. Jangan lupa ucapkan salam dan jangan terlalu berlebihan dalam berbicara.

5.Agreement

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengerjakan pekerjaan sebagai freelancer adalah dengan melakukan agreement dengan klien. Gunanya agar tidak terjadi salah paham. Intinya adalah membuat perjanjian sebelum menjalankan tugas atau pekerjaan tersebut.

Perjanjian yang dilakukan bisa berupa jenis pekerjaan, batas waktu yang diberikan, fee yang akan diberikan, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan perjanjian.

Jika sudah membuat perjanjian, pastikan jika Anda akan memenuhi segala isinya dan tepat waktu dalam menyelesaikan tugas tersebut agar klien tidak merasa kecewa.

Keuntungan Jadi Freelancer

Tahukah Anda, jika ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan memiliki pekerjaan sampingan sebagai freelancer.

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan sangat banyak, misalnya pengalaman baru, memiliki kenalan baru, mendapatkan uang tambahan, dan bisa memiliki dua profesi sekaligus.

Tidak hanya itu. Menjadi seorang freelancer juga akan membuat Anda memiliki nilai plus di mata banyak orang, terutama di bidang pekerjaan.

Artikel ini merupakan konten kerja sama dengan Cermati.com, Kompas.com tidak bertanggungjawab atas isi tulisan. 

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/04/23/083000826/5-tips-menjadi-freelancer-berkualitas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke